ISAD Aceh Jalin Kerja Sama dengan 5 DEMA Ma’had Aly Soal Pembinaan Literasi

Pengurus ISAD Aceh melakukan pertemuan dengan DEMA Ma’had Aly di salah satu warung kopi di kawasan Darussalam, Kota Banda Aceh, Kamis, 26 Mei 2022.(Foto: Dok. ISAD Aceh)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Pengurus DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh sepakat membangun kerja sama dengan lima Dewan Eksekutif Mahasantri Asosiasi (DEMA) Ma’had Aly di bidang literasi yang berfokus pada penulisan berbasis kitab turats (kitab kuning).

Kesepakatan antara dua lembaga itu dihasilkan di salah satu warung kopi di kawasan Darussalam, Kota Banda Aceh, Kamis, 26 Mei 2022.

Sebagai bentuk realisasi kerja sama ini, akan dilaksanakan pelatihan jurnalistik dasar bagi para mahasantri secara virtual dalam waktu dekat ini.

Tujuannya guna mewarnai dunia dakwah Islam di Aceh dengan konten-konten ringan, yang mesti deketahui oleh umat yang masih awam.

“DEMA Ma’had Aly Aceh juga siap menjadi mitra DPP ISAD dalam lomba terjemah kitab turats dan penulisan karya ilmiah berbasis kitab kuning,” ujar Ketua DEMA Ma’had Aly Malikussaleh Aceh, Tgk Muhammad Zulfahmi.

Sementara itu, Ketua DEMA Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, Tgk M Athaillah, juga menyambut baik kerja sama ini.

“Semoga kerja sama ini berkelanjutan dan akan menghasilkan penulis kawakan kelak,” ucapnya.

Pertemuan ini dihadiri Ketua Umum DPP ISAD Aceh, Tgk Mustafa Husen Woyla dan Sekjen ISAD, Dr Tgk Zulkhairi MA (Dosen UIN Ar-Raniry).

Adapun dari pihak mahasantri hadir Wakil DEMA Ma’had Aly Malikussaleh, Pantonlabu, Tgk Rahmad Sanusi, pengurus DEMA Ma’had Aly MUDI Mesra, Tgk Rian Murhalim, Wakil DEMA Ma’had Aly Babussalam Matangkuli, Tgk Yafis Ismandar, dan Bendahara DEMA Ma’had Aly Babussalam, Tgk Syarwan. []

 

google logo