Abdullah Puteh Gelar Lomba Menulis Spirit Tjoet Nja’ Dhien, Total Hadiah Rp 60 Juta Plus Buku

Theacehpost.com | JAKARTA – Anggota DPD RI asal Aceh Dr. Ir. H. Abdullah Puteh, M.Si mengadakan lomba menulis artikel bertema “Aktualisasi Spirit Tjoet Nja’ Dhien di Era Milenial”. Kegiatan menuangkan pemikiran dari warga ini berkaitan dengan haul Tjoet Nja’ Dhien ke-114 tahun pada 6 November 2022. Sejumlah 20 artikel terbaik, masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 3 juta dan akan dibukukan untuk dibagikan kepada penulis dan generasi muda Aceh.

“Membaca kisah perjuangan Tjoet Nja’ Dhien, banyak hal yang bisa dipetik dan diaktualisasikan pada masa kini dan mendatang terutama di era milienial, apalagi nanti setelah ada pemenang artikelnya dibukukan menjadi bacaan masyarakat yang lebih luas ,” kata Abdullah Puteh, Jumat 14 Oktober 2022 di Jakarta.

Abdullah Puteh menyebutkan latar belakang mengadakan lomba menulis adalah sebagai bagian dari penguatan literasi di Indonesia. Disebutkan, lomba ini terbuka untuk seluruh WNI yang menetap di dalam negeri dan luar negeri. Demikian juga, panitia lomba tidak membatasi usia peserta lomba dalam menuangkan gagasan atan ide dalam memetik spirit Tjoet Nja’ Dhien pada masa kini.

“Ruh dari perjuangan Tjoet Nja’ Dhien itu tetap harus menyala tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Kita bisa bercemin pada kegigihan, keikhlasan serta kemahiran Tjoet Nja’ Dhien dalam mengatur strategi perang dan gerilya. Berjuang dari rimba Aceh hingga diasingkan ke Sumedang Jawa Barat mendidik anak-anak belajar mengaji di Sumendang dalam kondisi mata sudah rabun sekalipun,” ungkapnya.

Jadi semangat tersebut perlu mendapat tempat bagi generasi Aceh ke depan. Generasi Aceh harus bangga memiliki sejarah yang penting untuk dijadikan patron dalam bersikap dan berperilaku bagi generasi Aceh ke depan.

Adapun kriteria peserta yakni peserta hanya boleh mengirim satu artikel, artikel bukan self plagiarism dan belum pernah dipublikasi di media manapun, artikel pemenang menjadi hak panitia penyelenggara, artikel tidak mengandung unsur SARA, plagiasi, ujaran kebencian dan mengandung unsur hoaks.

Kriteria peserta ditulis menggunakan Ms Word, Times New Romance size 12, spasi 1, tulisan minimal 1.000 kata dan maksimal 1.500 kata, tulisan memiliki unsur fokus pada tema, orisinalitas ide, kebermanfaatan bagi publik dan nilai sejarah, serta ketajaman analisa,

Pengiriman naskah dalam bentuk Ms Word paling lambat pada 25 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB ke email lombamenuliscutnyakdhien2022@gmail.com serta konfirmasi sudah mengirim arikel ke nomor WhatsApp 08116880801. []

Penulis: ZulfurqanEditor: Redaksi
google logo