Zulhas Dilantik Jadi Mendag, Ini Harapan Hipsi Aceh

Ketua Hipsi Aceh, Muhammad Balia.(Foto: Dokpri)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (Hipsi) Aceh menaruh harapan besar terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 15 Juni 2022.

Sebagai organisasi himpunan pelaku usaha dari kalangan santri, Hipsi Aceh mengharapkan Zulhas dapat memastikan ketersediaan semua kebutuhan pokok untuk masyarakat.

“Kami harap Mendag Zulhas dapat menjaga harga dan stok bahan pokok untuk tetap stabil dan dapat dijangkau masyarakat di pasaran,” kata Ketua Hipsi Aceh, Muhammad Balia SIkom dalam siaran persnya, Sabtu, 18 Juni 2022.

Mendag Zulhas, kata Balia, harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan Kementerian Pertaniang (Kementan) dan seluruh stakeholder terkait dengan urusan perdagangan.

Ketersediaan minyak goreng, harga bahan pokok dan tingkat kepercayaan konsumen harus mampu dijaga oleh Zulhas sebagai Mendag yang baru.

“Tugas berat memang telah menanti beliau (Zulhas) pasca-melanjutkan estafet dari menteri sebelumnya. Banyak pekerjaan rumah harus diselesaikan oleh Zulhas ke depan,” ujar Balia di Banda Aceh.

“Harga bahan pokok pangan seperti daging, telur, gula, cabai, beras dan bahan pangan lainnya, harus diawasi betul ketersediannya oleh tim terbaik dari Kementerian yang dipimpin Zulhas, hal ini untuk menghindari gejolak harga” tambahnya.

Selain itu, Balia juga meminta agar Zulhas dapat menjadikan produk lokal sebagai skala prioritas dalam menjamin tersedianya stok di dalam negeri.

“Dengan demikian maka para pelaku UMKM dapat terus tumbuh, karena produk mereka laku terjual di pasaran. Kami juga tidak permasalahkan adanya impor, namun kalau produk lokal tersedia, tidak ada salahnya Mendag utamakan produk lokal daripada impor,” pungkasnya. []

Baca juga: Jokowi Rombak Kabinet, Ini Nama Menteri yang Dilantik

google logo