Sertifikasi Benih Sawit Milik CV Ilham Jaya Dapat Label Biru

Tim UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dari Distanbun Aceh melakukan sertifikasi terhadap bibit kelapa sawit milik CV Ilham Jaya, Rabu, 22 Juni 2022. (Foto: Saiful Alam/Theacehpost.com)

Theacehpost.com | ACEH TAMIANG – Tim UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh melakukan sertifikasi dan labelisasi bibit kelapa sawit milik CV Ilham Jaya, Rabu, 22-23 Juni 2022.

“Alhamdulillah dari 20.000 bibit kelapa sawit yang diajukan untuk disertifikasi, semuanya diterima dan mendapat label biru layak edar,” ungkap Manajer CV Ilham Jaya, Izuddin kepada Theacehpost.com di Desa Pangkalan, Kecamatan Kejujuran Muda, Aceh Tamiang, Rabu, 22 Juni 2022.

Ia menjelaskan, sertifikasi ini adalah untuk memberikan jaminan mutu benih unggul dan melindungi konsumen dari peredaran benih palsu dan  jelek.

Pemeriksaan bibit dilakukan dari mulai masa kecambah, pelepah, sampai ketinggian bibit telah dinyatakan layak tanam. Pemeriksaan oleh tim dilakukan per pohon.

“Untuk bibit sawit di sini (CV Ilham Jaya) tinggi tanaman rata-rata 150 cm, jumlah pelepah rata-rata 16 pelepah diameter batang 6,5 cm, warna daun hijau dan bebas dari hama penyakit. Umur bibit 15 bulan sudah layak edar atau bisa layak tanam 9 bulan,” paparnya.

“Atas hasil ini, kami siap menerima pesanan, baik untuk perusahan, koperasi atau perorangan,” pungkasnya. []

google logo