Nasir Djamil, Illiza, dan Darwati Hadir pada Halalbihalal PWI Aceh

Ketua Dewan Penasihat PWI Aceh, H Sjamsul Kahar didampingi anggota DPR Aceh Darwati A Gani, Kadistanbun Aceh, Ir Cut Huzaimah MP, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Aceh, Yusri, anggota DPR RI Nasir Djamil, Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh, Amal Hasan dan tamu undangan lainnya pada acara halalbihalal PWI dan IKWI Aceh, Kamis 26 Mei 2022. (Dok PWI Aceh)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Acara halalbihalal Idulfitri 1443 H yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Aceh, Kamis, 26 Mei 2022.

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah tokoh lokal dan nasional, di antaranya anggota DPR RI, Nasir Djamil dan Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, serta anggota DPR Aceh, Darwati A Gani.

Acara yang berlangsung di Kantor PWI Aceh, kawasan Simpang Lima, Kota Banda Aceh itu juga dihadiri tokoh pers H Sjamsul Kahar yang juga Ketua Dewan Penasihat PWI Aceh. Sjamsul Kahar didampingi Wakil Ketua dan Sekretaris Dewan Penasihat PWI Aceh, Bustamam Ali dan HT Maimun Umar.

Halalbihalal keluarga besar PWI dan IKWI Aceh bersama mitra kerja merupakan kegiatan rutin tahunan organisasi yang menaungi para pekerja pers tersebut. Kegiatan tahun ini diisi tausiah oleh Ustaz Ridwan Ibrahim, Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh dan makan kenduri bersama.

Ustaz Ridwan dalam tausiahnya menyebutkan berbagai keutamaan halalbihalal, meskipun tradisi ini hanya dikenal di Indonesia. Halalbihalal bisa diartikan sebagai bentuk maaf memaafkan yang dilakukan secara terkoordinir, yang biasanya diiringi dengan acara makan-makan.

Penceramah juga menyinggung tentang peran wartawan yang menurutnya profesi ini akan membuat seseorang masuk surga karena peran yang dijalankan, yaitu menganjurkan yang makruf dan mencegah kemungkaran.

“Semoga wartawan anggota PWI bisa menjalankan fungsinya sesuai tuntunan agama dan mendapat balasan surga,” ujar Ustaz Ridwan.

Perkuat silaturahmi

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin melaporkan, halalbihalal merupakan salah satu tradisi yang tetap dipertahankan, karena melalui kegiatan ini bisa memperkuat silaturahmi secara internal maupun eksternal.

Menurut Nasir, kegiatan yang dilaksanakan tahun ini bukan hanya diikuti keluarga besar PWI Aceh saja, tapi juga hadir dari jajaran mitra kerja, seperti para politisi, pejabat Pemprov di antaranya Kadistanbun Aceh, pejabat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar—termasuk dari Kodam IM, Kodim 0101 BS, Polresta Banda Aceh, Bank Aceh Pusat, BSI Regional 1 Aceh, BPMA, MPU Aceh, PLN Aceh, PMI Aceh, dan berbagai lembaga lainnya.

Selain itu, juga hadir pimpinan asosiasi pers seperti AJI, IJTI, dan PFI dan asosiasi media siber yaitu SMSI, JMSI, dan AMSI serta Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI).

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama kalangan Pengurus PWI Aceh dan donatur lainnya sehingga kegiatan berlangsung sebagaimana diharapkan,” kata Ketua PWI Aceh. []

google logo