Elmansyur Peduli Salurkan Bantuan Modal Usaha kepada 20 Penyandang Disabilitas

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin didampingi Ketua Umum Elmansyur Peduli Mansuri M. Yunus, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang disabilitas di Aceh Utara, Selasa, 27 September 2022. (Theacehpost.com/ Raja Baginda)

Theacehpost.com | LHOKSUKON – Sebanyak 20 penyandang disabilitas dari enam kecamatan di Aceh Utara mendapatkan bantuan modal usaha dan bahan baku dari Elmansyur Peduli.

Penyerahan bantuan berlangsung di salah satu kafe kawasan Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa, 27 September 2022.

Para penyandang disabilitas yang mendapat modal usaha itu dari Kecamatan Nisam, Banda Baro, Syamtalira Aron, Sawang, Dewantara, dan Muara Batu.

Ketua Umum Lembaga Elmansyur Peduli, Mansuri M Yunus, mengatakan, selain pemberian modal usaha juga dilakukan seminar kewirausahaan untuk difabel.

“Penyerahan modal usaha dan alat bantu itu untuk tahap awal, apakah nanti maksimal hasilnya atau tidak pemanfaatannya. Ini diberikan sesuai kondisi dari penyandang disabilitas tersebut,” ujarnya kepada theacehpost.com.

Dia menuturkan pihaknya terus memberikan motivasi kepada mereka bagaimana caranya kaum disabilitas ini juga bisa sukses, meskipun dengan keterbatasan kondisi fisik.

Mansuri menambahkan, pemberian modal usaha kepada mereka sesuai potensi kreatifitasnya masing-masing. Misalnya, penyandang disabilitas sebagai pelukis dibantu sesuai kebutuhannya.

Sementara modal usaha dan alat bantu disalurkan sebesar Rp 800 ribu per orang.

“Kita selama ini masih mandiri dalam hal kepedulian baik kaum difabel, duafa, maupun anak yatim. Elmansyur Peduli belum pernah mengajukan atau meminta dukungan dari pemerintah. Tetapi komitmen kami minimal bisa membantu program pemerintah,” ujar Mansuri.

Kepala Dinas Sosial Aceh Utara, Fuad Mukhtar mendukung kegiatan tersebut demi kepentingan masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

“Dengan adanya bantuan ini paling tidak mereka sedikit terbantu dari lembaga Elmansyur, karena mungkin ada yang tidak tercover dari pihak Dinas Sosial. Tentunya ini bisa saling mengisi antara Elmansyur dengan Pemkab Aceh Utara, dan lembaga-lembaga lain yang peduli untuk kemaslahatan umat,” lanjutnya.

Dia menuturkan belum mengetahui pasti jumlah disabilitas secara keseluruhan di Aceh Utara, tapi yang jelas ratusan orang.

“Kita mempunyai program pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas berdasarkan potensi usaha apa yang bisa dikembangkan bagi mereka,” ujar Fuad.

Kegiatan penyerahan bantuan usaha tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menangah Iskandar, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Utara Fuad Mukhtar, serta Muspika Dewantara, yang ikut menyerahkan bantuan secara simbolis. []

google logo