Aceh Film Festival 2022 Resmi Ditutup

Panitia dan penonton film pada kegiatan AFF 2022 berfoto bersama saat penutupan acara di Garuda Teater, Rabu malam, 28 September 2022.

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Film Mantega Terbang mengakhiri pelaksanaan serangkaian kegiatan Aceh Film Festival (AFF) 2022 di Garuda Theater, Rabu malam, 28 September 2022.

Film dari Malaysia itu menjadi film terakhir dan rangkaian terakhir dari AFF 2022. Jamaluddin Phona, selaku Direktur AFF 2022, merasa senang rangkaian AFF telah berakhir.

“Saya sendiri merasa puas dan senang hajatan sineas Aceh telah berakhir. Acara berjalan sesuai harapan kita, intim dan sederhana. Dari Gampong Film sampai Film Mentega Terbang kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” katanya.

Selanjutnya, Jamal berharap, AFF 2022 menjadi titik terang perfilman di Aceh. “Semoga tahun-tahun selanjutnya, makin banyak lahir sineas dari Aceh, yang mampu berkompetisi di nasional dan internasional,” harapnya.

Seperti diketahui, AFF tahun ini memiliki sembilan program yang terdiri dari Gampong Film, Masterclass, Public Lecture, Tech Tales in Asia Pacific, S-Express Asia Tengara, Aceh New Entry, Indonesia Raja, AFF Jiran (Salamindinaw), dan Special Screening.

Akbar Rafsanjani, selaku salah satu Programmer AFF 2022, mengatakan film-film yang diputar di AFF kali ini adalah film dari Asia Tenggara.

“Tujuan untuk melihat bagaimana perkembangan perfilman di negara-negara tetangga. Saya bersyukur penonton sangat antusias. Dan jumlah penonton kita mencapai ratusan. Saya berharap AFF selanjutnya semakin ramai penonton yang hadir,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa AFF tahun ini dikunjungi 400 lebih penonton, penyelenggaraan masterclass, dan pemutaran 84 film. []

google logo