Serba-serbi MTQ Aceh di Bener Meriah

Warga membanjiri arena MTQ Aceh di Kabupaten Bener Meriah. (Foto: DSI Aceh)

Theacehpost.com | BENER MERIAH – Masyarakat Gayo terutama warga Bener Meriah mengaku antusias menyambut pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Aceh XXXV.

“Saya dan keluarga sangat senang dan gembira ada MTQ Aceh di Bener Meriah ini sambil kita mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran yang dibawakan oleh qari dan qariah dari setiap peserta MTQ,” kata Warga Bener Meriah, Aman Jay di Lapangan Sengeda, Kamis, 23 Juni 2022.

“Kemudian, kita juga bisa melihat–lihat berbagai produk, baik makanan, maupun kerajinan tangan dari UMKM yang dipamerkan di stan-stan yang telah disiapkan panitia,” ujarnya lagi.

Berdasarkan pantauan tim MC Diskominfo Bener Meriah, sejak hari pertama pelaksanaan MTQ Aceh hingga sekarang, dari pagi hingga larut malam, lokasi arena utama selalu dibanjiri pengunjung.

Beragam pernak-pernik turut menghiasi pagelaran MTQ. Ribuan masyarakat tumpah ruah, baik di arena utama lapangan pacuan kuda Sengeda maupun di sepanjang jalan Simpang Pante Raya-Simpang 4 menuju perkantoran Pemkab Bener Meriah.

Mulai dari stan pameran produk unggulan UMKM Bener Meriah, tempat parkir dan ratausan lapak para pedagang yang berjajar di luar arena MTQ turut diserbu warga.

Terlihat di lokasi, tidak sedikit dari pengunjung maupun para peserta MTQ ikut memanfaatkan momen ini. Apalagi, di luar arena utama terdapat wahana permainan anak yang turut memeriahkan kawasan setempat.

Pedagang kaki lima, Muhammad Jailani, warga Gampong Jambo Rujong, Kecamatan Weh Pisam, Kabupaten Bener Meriah, mengaku bersyukur acara MTQ digelar di kampung halamannya.

Ia antusias dan senang, sebab dagangannya dapat dibeli oleh banyak pengunjung yang datang ke MTQ.

“Acara MTQ ini sangat bermanfaat, selain menyemarakkan syiar Islam, bagi kami pedagang juga sangat bermanfaat dengan banyaknya pengunjung yang datang, sehingga dagangan kami laku banyak,” ujarnya.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, EMK Alidar, mengatakan MTQ Aceh ke-35 diikuti 1.128 peserta dari perwakilan 23 kabupaten kota di Aceh.

Ada delapan cabang lomba yang digelar pada MTQ Aceh kali ini. Kedelapan cabang lomba tersebut yaitu, cabang tilawah diikuti 198 peserta, qiraat sab’ah 167 peserta, tahfiz 203 peserta, fahmil 132 peserta, syarhil 138 peserta, khatt 174 peserta, dan karya tulis ilmiah Alquran 39 peserta.

Rangkaian acara syiar religi itu akan berlangsung selama satu minggu, mulai dari tanggal 18 sampai 25 Juni 2022. []

google logo