RSUD Yuliddin Away Tapaktuan Angkat Tangan, Pasien Tertelan Benda Asing Dirujuk ke Banda Aceh

  • Bagikan
Koordinator LSM Formak Aceh Selatan, Ali Zamzami.

Theacehpost.com | TAPAKTUAN – Koordinator LSM Formak Aceh Selatan, Ali Zamzami menyayangkan RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan yang belum mampu menangani pasien asal Labuhanhaji yang tertelan benda asing, sehingga harus dirujuk ke Banda Aceh.

Sebelumnya pada dua hari yang lalu, seorang pasien berusia delapan tahun asal Labuhanhaji tertelan benda asing dan tersangkut di tenggorokan.

“Kita sangat menyayangkan RSUD Yuliddin Away Tapaktuan yang ‘angkat tangan’ dikarenakan ketidakmampuannya untuk mengeluarkan benda tersebut sehingga harus dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh,” kata Ali Zamzami dalam keterangan tertulis yang diterima Theacehpost.com, Jumat, 2 April 2021.

Ali menjelaskan, benda asing yang nyangkut ditenggorokan itu diketahui setelah hasil rontgen keluar, sehingga harus dilakukan tindakan penanganan khusus.

“Namun di rumah sakit kebanggaan masyarakat negeri pala tersebut  terkendala belum memiliki alat dan tidak punya tenaga medis terampil untuk kasus ini, dan oleh karena itu pasien pun langsung dirujuk dan dilarikan ke Banda Aceh untuk penanganan lebih lanjut,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Ali berharap RSUD Yuliddin Away memiliki fasilitas dan tenaga medis yang mumpuni agar terciptanya pelayanan semakin prima dan lengkap, sehingga meringankan risiko beban khususnya bagi pasien dan keluarganya yang mengalami kasus medis serupa.

“Memang untuk biaya pengobatan dan ambulan sudah gratis, namun jika pasien harus menjalani rujukan ke Banda Aceh itu sudah pasti ada beban lain yang harus ditanggung. Terutama sekali menyangkut waktu penanganannya akan terus terlambat, begitu juga dengan beban yang akan dialami keluarga pasien untuk pendampingan ke ibu kota provinsi yang akan menjadi persoalan sendiri bagi warga,” ujarnya.

“Harapan kita kepada pihak manajemen RSUD Yuliddin Away untuk ke depannya dapat memiliki fasilitas tersebut dan semua pihak sudah sepatutnya memberikan dukungan untuk itu, terutama dukungan dari pihak pengambil kebijakan di Pemkab Aceh Selatan. Semoga BLUD RSUDYA ke depan semakin hebat,” pintanya. []

  • Bagikan