Kanji Rumbi, Bubur Rempah Khas Aceh di Kala Ramadhan

SELAIN momen kehangatan, hal yang tidak kalah di tunggu-tunggu di sepanjang Ramadhan adalah aneka hidangan menggugah selera untuk berbuka puasa.

Warisan kuliner Indonesia banyak yang bisa dipilih sebagai inspirasi menu buka puasa. Dari ujung barat Indonesia, Aceh menawarkan bubur kanji rumbi.

Meski mirip dengan sajian bubur ayam, kanji rumbi memiliki ciri khas tersendiri sehingga rasanya sama sekali tak seperti bubur ayam pada umumnya.

Kanji rumbi khas Aceh menggunakan bumbu ala Hindustani (India-Pakistan).

Setiap Ramadhan, kanji rumbi mudah didapatkan di hampir setiap masjid atau menasah. Terutama menjelang waktu berbuka. Di setiap desa atau masjid, masyarakat membentuk panitia khusus untuk membuat kanji rumbi.

Warga yang paling mahir memasak akan didapuk sebagai koki khusus pembuat kanji rumbi. Warga biasanya secara swadaya mengumpulkan uang untuk membeli bahan kanji rumbi.

Proses memasak yang lama, berpadu dengan bahan pilihan membuat kanji rumbi memiliki cita rasa yang khas. Aroma masakan  sangat terasa dengan nuansa rempah-rempah.

Rasa gurih dari masakan konon dipercaya dapat menjadi obat bagi yang menderita masalah pencernaan.

Makanan ini juga lembut di lidah namun sarat nutrisi, ditambah lagi campuran rempah-rempah yang dapat menjadi obat alami serta juga dipercaya juga salah satu makanan untuk proses diet. []