Jurnal Islam Futura UIN Ar-Raniry Berhasil Terindeks Scopus

Foto Jurnal Futura
Jurnal Islam Futura berhasil terindek Scopus. Foto: Theacehpost.com

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menembus literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia atau Scopus.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (LP2M) UIN Ar-Raniry, Dr. Anton Widyanto,M.Ag dalam rilis media yang diterima Theacehpost.com Senin (09/08/22) mengatakan saat ini sudah 29 jurnal terakreditasi SINTA Kemendikbudristek  dan dua diantaranya terindeks Scopus, yaitu Jurnal Islam Futura dan Jurnal Samara.

“Dengan masuknya Jurnal Islam Futura terindeks scopus  berati sudah ada dua jurnal internasional bereputasi di lingkungan UIN Ar-Raniry, setelah sebelumnya Jurnal Samara lebih duluan terindeks scopus”, kata Anton

Anton menjelaskan jumlah jurnal yang terakreditasi SINTA di lingkungan UIN Ar-Raniry masih akan bertambah mengingat beberapa jurnal lainnya saat ini sedang dalam masa pengajuan dan penilaian akreditasi.

Terkait pencapaian ini, Dr. Anton Widyanto yang juga Ketua Redaksi Jurnal Ilmiah Islam Futura menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan karena akhirnya JIIF bisa terindeks Scopus.

“Pencapaian ini tentu bukan hal yang instan karena butuh perjuangan bertahun-tahun dan kerja keras, terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kami, terutama Rektor UINAR, ICAIOS dan Diktis Kemenag RI, ke depan tentu kami harus berjuang lebih keras lagi untuk menjaga mutu JIIF”, jelasnya.

Anton mengatakan, Jurnal yang fokus pada ilmu-ilmu keislaman di Aceh dan Samudera Hindia ini juga menjadi salah satu motor penggerak Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry.

“Keberhasilan JIIF ini diharapkan ke depan dapat berkontribusi pada peningkatan akreditasi institusi UIN Ar-Raniry menuju World Class University, “ terang Anton.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag mengaku bersyukur atas pencapaian ini. Ia menyampaikan apresiasi kepada tim JIIF karena sudah bekerja keras mengharumkan nama kampus.

“Selamat dan penghargaan yang tinggi kepada Pak Anton dan seluruh tim pengelola Jurnal Ilmiah Islam Futura, yang telah bekerja keras dan cerdas sehingga Jurnal Ilmiah Islam Futura mencapai predikat tinggi terindeks Scopus”,  kata Rektor.[]

Baca Juga: Pelaku UMKM Diminta Daftarkan Produknya ke E-Katalog Pemerintah Aceh, Begini Caranya

google logo