Mantap! Aceh Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2021

  • Bagikan
Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati memperlihatkan Trofi Juara Umum API 2021 didampingi perwakilan kabupaten/kota di Aceh. (Foto: Disbudpar Aceh)

Theacehpost.com | MUBA – Provinsi Aceh dinobatkan sebagai juara umum dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. Kabar itu diumumkan pada Malam Anugerah Pesona Indonesia di Musi Banyuasian (Muba), Sumatera Selatan, Selasa, 30 November 2021.

Tujuh dan 12 pariwisata Aceh berhasil keluar sebagai juara pertama. Adapun ketujuh juara tersebut terdiri dari Kopi Khop (Aceh Barat), Instagram Exprole Gayo (Aceh Tengah), Branding Charming Banda Aceh (Banda Aceh), Ujung Tamiang (Aceh Tamiang). Kamudian, Festival Pulau Banyak (Aceh Singkil), Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa (Aceh Selatan).

Trofi Juara Umum API 2021 diserahkan oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kemenkumham RI, Nofli, kepada perwakilan Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati.

Dalam kesempatan tersebut, Dyah mengaku bangga dan senang dengan apresiasi pemerintah dan seluruh masyarakat terhadap pariwisata di Aceh.

Ia berharap keberhasilan Aceh memenangkan API tahun ini, menjadi motivasi kepada seluruh instansi dan para pelaku pariwisata dalam meningkatkan sinergi dan kerja sama untuk mendorong pengembangan destinasi, serta promosi pariwisata di Aceh.

“Prestasi yang membanggakan ini harus terus ditingkatkan,” ujar Dyah Erti.

Tren Positif Aceh

Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, Aceh terus menorehkan prestasi dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif. Baru-baru ini, kawula muda Aceh juga mengukir prestasi dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia dan Festival Film Indonesia (FFI).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin bersyukur atas pencapaian ini.

“Alhamdulillah, sangat membanggakan. enam kabupaten/kota di Aceh berhasil menjadi juara pertama pada kegiatan pariwisata dalam skala nasional ini. Prestasi ini akan membawa pengaruh positif bagi promosi pariwisata di Aceh, baik nasional maupun internasional, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Jamaluddin menilai, prestasi ini semua berkat kolaborasi strategi dan upaya promosi dengan beragam inovasi yang telah dilakukan selama ini.

“Kami mengapresiasi kerja keras pemerintah kabupaten/kota, komunitas, penggiat wisata, dan masyarakat hingga hasilnya Aceh kini meraih juara umum API 2021,” sebut Jamaluddin.

Jamaluddin dengan bangga manyatakan kemenangan ini melanjutkan tren positif Aceh pada kegiatan pariwisata dalam skala nasional.

“Prestasi yang diraih ini melanjutkan tren positif yang sebelumnya putra-putri terbaik Aceh berhasil menjadi juara 1 pada Duta Wisata Indonesia 2021 dan sineas muda Aceh berhasil mendapat penghargaan terbaik di ajang FFI pada Oktober lalu,” pungkasnya.

Berikut daftar pariwisata Aceh peraih API Awards 2021 beserta kategorinya:

  1. Kopi Khop (Minuman Tradisional)
  2. Ujung Tamiang (Ekowisata)
  3. Sigantang Sira (Dataran Tinggi)
  4. Anjungan Tapak Tuan Tapa (Destinasi Kreatif)
  5. Festival Pulau Banyak (Festival Pariwisata)
  6. Charming Banda Aceh (Brand Pariwisata)
  7. IG @Explore_Gayo (Promosi Pariwisata Digital). []
  • Bagikan
#