Fakhrijal Ajak Masyarakat Sukseskan BIAN di Aceh Selatan

Foto bersama peserta Lokakarya Mini Lintas Sektoral di Aula UPTD Pukesmas Tapaktuan, Rabu 22 Juni 2022. (Foto: Puskesmas Tapaktuan)

Theacehpost.com | TAPAKTUAN – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh Selatan, Fakhrijal mengajak masyarakat untuk bekerja sama mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

“Kita mengajak seluruh lintas sektoral di tingkat kabupaten dan kecamatan untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan BIAN di Aceh Selatan,” kata Fakhrijal saat menghadiri acara Lokakarya Mini di Aula UPTD Pukesmas Tapaktuan, Rabu 22 Juni 2022.

Fakhrijal menjelaskan, manfaat mengikuti BIAN untuk anak di atas 9 bulan sampai di bawah 15 tahun ini untuk meningkatkan herd immunity dan tercegah dari penyakit menular.

“BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak-rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Tujuannya, untuk melindungi anak kita dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti rubella (campak Jerman), polio, difteri, pertusis (batuk rejan), hepatitis B, pneumonia (radang paru dan meningitis)

“Oleh karena itu, mari kita bekerja secara kolaboratif dan bersama-sama mensosialisasikan pentingnya imunisasi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pukesmas Tapaktuan, Hendra Liyusman SKep Ners mengatakan, pihaknya terjun langsung ke pedesaan melakukan imunisasi.

“Kita langsung turun ke desa-desa untuk pelaksanaan pemberian imunisasi campak dan rubella ini. Kita akan terus upayakan kegiatan BIAN di setiap desa berjalan sukses,” ucapnya.

“Semoga seluruh program Pukesmas kami yang dilaksanakan di lapangan mendapat dukungan dari keuchik, ketua PKK dan kader kesehatan desa agar kegiatan kita berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. []

google logo