Rakernas Kemenag 2024 Hasilkan 7 Program Outlook, Ini Butirnya

waktu baca 2 menit
Ini Tujuh Program Outlook Hasil Rakernas Kemenag 2024.

Theacehpost.com | SEMARANG – Kementerian Agama (Kemenag) telah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 yang berlangsung sejak Senin, 5 Februari 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

Rakernas ini menghasilkan tujuh program outlook yang menjadi komitmen bersama seluruh peserta untuk diimplementasikan.

“Atas nama seluruh peserta Rakernas Kemenag 2024, kami menyatakan siap melaksanakan rekomendasi hasil Rakernas ini,” tegas Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenag Fesal Musaad saat membacakan Berita Acara Komitmen Bersama Pelaksanaan Hasil Rakernas Kemenag 2024, Selasa 6 Februari 2024.

Tujuh program outlook tersebut adalah:

  1. Ekosistem Moderasi Beragama yang Ekspansif: Memperkuat moderasi beragama di semua lini masyarakat, termasuk melalui pendidikan, dakwah, dan media sosial.
  2. Meneguhkan Politik Kebangsaan: Memperkuat komitmen terhadap Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  3. Memenangkan Pertarungan Digital: Memanfaatkan teknologi digital untuk dakwah, edukasi, dan layanan keagamaan.
  4. Menyajikan Layanan Keagamaan yang Premium dan Terjangkau: Meningkatkan kualitas layanan keagamaan bagi masyarakat, seperti haji, umrah, dan pernikahan.
  5. Mengusung Layanan Pendidikan yang Inovatif dan Transformatif: Meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, termasuk melalui digitalisasi dan kurikulum yang adaptif.
  6. Smart ASN Menjawab Kebutuhan Era Digital: Meningkatkan kompetensi ASN Kemenag dalam menghadapi era digital.
  7. Mengoptimalkan Dana Umat untuk Pengentasan dan Pemberdayaan: Mengelola dana umat secara transparan dan akuntabel untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Selain program outlook, para peserta Rakernas yang merupakan pimpinan satuan kerja Kemenag juga menandatangani pakta integritas. Pakta integritas ini berisi komitmen penyelesaian kinerja para pimpinan satuan kerja dengan Menteri Agama dalam jangka waktu sembilan bulan ke depan.

banner 72x960

“Seluruh satuan kerja agar melaksanakan Tujuh Program Outlook Kemenag Tahun 2024 sesuai dengan rencana aksi yang telah ditetapkan,” ujar Fesal Musaad.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi komitmen seluruh peserta Rakernas dalam melaksanakan program-program yang telah disepakati. Ia berharap Rakernas ini menjadi titik awal transformasi Kemenag menuju birokrasi yang lebih modern dan profesional.

“Saya yakin dengan kerja sama dan sinergi semua pihak, Kemenag dapat mewujudkan program-program yang telah dicanangkan,” kata Menag Yaqut.[]

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *