Perekrutan PPS Dituding Sarat Permainan, Ini Kata Ketua KIP Abdya

Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat Daya, Yudi Nirmansyah (Sumber foto: KIP Abdya)
Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat Daya, Yudi Nirmansyah (Sumber foto: KIP Abdya)

Theacehpost.com | BLANGPIDIE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluarkan pengumuman hasil seleksi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 mendatang, Senin, 23 Januari 2023.

Mirisnya, pengumuman hasil seleksi calon PPS tersebut dituding sarat permainan hingga titipan. Kabar ini pun langsung dibantah oleh Ketua KIP Abdya, Yudi Nirmansyah, Selasa, 24 Januari 2023 malam.

Menurut Yudi, pihaknya sudah melakukan secara transparan setiap tahapan perekrutan PPS. Terkait ada yang belum puas dengan hasil seleksi tersebut, ia dapat memakluminya. Karena setiap ikut seleksi, sudah pasti yang lulus merasa puas dan yang belum lulus merasa kecewa dan bahkan kesal.

Yudi pun meminta supaya pihak-pihak yang merasa keberatan dengan pengumuman hasil rekrutment PPS untuk melaporkan ke Panwaslih Abdya dengan menunjukan bukti tentang adanya permainan dalam proses rekrutmen tersebut.

“Kalau ada yang merasa keberatan dan belum puas dengan pengumuman hasil rekrutmen PPS tersebut silahkan tempuh jalur hukum dengan melaporkan ke Panwaslih,” sarannya yang disampaikannya kepada Theacehpost.com melalui sambungan telpon.

Yudi menjelaskan, upaya hukum tersebut perlu ditempuh dan merupakan hak setiap warga, dari pada menjadi perdepatan kusir yang tiada kepastian dan akhirnya menjurus ke fitnah nantinya.

“Sebetulnya peserta seleksi tersebut gagal faham. Mereka beranggapan nilai CAT akan diakumulasi dengan nilai wawancara, sebetulnya tidak. Nilai CAT hanyalah syarat untuk bisa atau tidak-nya yang bersangkutan mengikuti tes wawancara,” kata Yudi.

Yudi menambahkan, pada Saat wawancara, calon PPS tidak cukup dengan pintar saja. Tetapi juga terkait dengan rekam jejak dan komitmen dalam bekerja jika terpilih nanti.

“Intinya titipan siapa pun dia, keputusannya tetap kepada kami selaku yang mewawancarainya, karena wawancara ini merupakan uji kelayakan dan kepatutan,” tegas Yudi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, peserta calon anggota PPS yang mengikut tes wawancara di Bumoe Breuh Sigupai tersebut berjumlah 1.293 orang yang berasal dari 152 gampong dalam 9 kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

“Untuk masing-masing gampong dibutuhkan 3 orang, jadi 3 kali 152, berarti ada 456 orang anggota PPS yang kita butuhkan di Abdya untuk Pemilu 2024 nanti,” jelas Tarmizi Daod, Anggota KIP Abdya yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia kepada awak media, Rabu, 18 Januari 2023 lalu.[]