Nazar Ahadi Nahkodai Pengprov GOBI Aceh Masa Bakti 2024-2028

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Pengurus Provinsi (Pengprov) Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Aceh masa bakti 2024-2028, resmi terbentuk.

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan GOBI Aceh bernomor 004/SK.GOBINAS/VI/2024. Surat itu ditandatangani oleh Ketua Umum Pengurus Nasional GOBI, Abdul Haris Makie, dan Sekretaris Jenderal, Muhammad Fuad Ridha, tertanggal 10 Juni 2024.

Dalam SK itu, Muhammad Nazar Ahadi, sebagai Ketua Pengprov GOBI Aceh, Fauzul Husni, Sekretaris, Roni Cusmiran, Bendahara.

“Alhamdulillah SK Kepengurusan GOBI Aceh sudah turun,” kata Nazar Ahadi, Selasa, 11 Juni 2035.

Balogo, lanjut Nazar, merupakan olahraga tradisional suku Banjar yang populer secara nasional. Terlebih, olahraga ini menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pada Porwanas tanggal 19-26 Agustus 2024 mendatang, Nazar mengaku telah mempersiapkan atlet Balogo di bawah koordinasi SIWO PWI Aceh.

“Kita awalnya bersiap untuk Porwanas. Kebetulan di Aceh belum ada pengurus Cabor Balogo ini. Sekarang sudah ada SK dan kita serius dengan olahraga ini,” ujar Nazar.

Diakui Nazar, pengurus GOBI Aceh didominasi wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Aceh dan pelaku olahraga lain yang memiliki visi bersama untuk memasyarakatkan olahraga itu.

Nazar menyampaikan, langkah awal yang dilakukan pihaknya diantaranya membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/kota di Aceh.

“Kabupaten/kota juga sudah mengajukan untuk pembentukan di daerah,” kata Nazar.

Untuk diketahui, Balogo merupakan salah satu jenis permainan tradisional dari Kalimantan Selatan.