Menanti Asa Dari APBK Perangkat Desa

Theacehpost.com | ACEH TIMUR – Ribuan perangkat desa di Aceh Timur mulai dari keuchik, Sekdes, Kaur, Kasi, Kadus dan lainnya sedang menanti asa pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) ke rekening masing-masing Desa.

Mereka sedang harap-harap cemas menunggu apakah dana desa dari APBK yang diperuntukkan sebagai pendapatan para perangkat desa bisa dicairkan sebelum lebaran Idulfitri 1445 H.

“Menjelang meugang dan Hari Raya Idulfitri seperti ini, kami sangat membutuhkan, kalau bisa dicairkan untuk 3 bulan (Januari-Maret), kami tidak tahu mau pinjam ke mana,” ujar seorang kepala dusun salah satu Desa di Kecamatan Julok, Senin, 1 April 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh keuchik di Kecamatan Idi Tunong.

“Kemarin memang desa kami ada pencarian dana desa, namun itu untuk BLT dan juga wajib penyetoran biaya study tour (Bimtek) ke Yogjakarta dan Medan, di mana pembayarannya mulai 1-5 April, berangkat setelah lebaran, jadi kami para keuchik dan perangkat desa, jika APBK tidak dicairkan dalam beberapa hari ini, kesusahan kami bertambah,” ungkap keuchik tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, awak media ini menginformasi Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Aceh Timur, Munawir, namun saat dihubungi melalui telepon tidak diangkat, pesan singkat yang dikirimkan belum direspon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *