Jelang Pencoblosan Pilkada 2024, KIP Aceh Tamiang Sosialisasi KIP Meu Pep Pep

KIP Aceh Tamiang sosialisasi KIP Meu Pep Pep. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Karang Baru – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang jatuh pada tanggal 27 November 2024 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang menggenjot sosialisasi melalui KIP Meu Pep Pep keliling di 12 kecamatan, Kamis (24/10/2024).

banner 72x960

Kegiatan KIP Meu Pep Pep dilakukan mulai tanggal 24-29 Oktober 2024 dengan titik awal di Kecamatan Manyak Payed dan berakhir di Kecamatan Bandar Pusaka dengan melibatkan PPK serta PPS di kecamatan dengan melakukan konvoi Meu Pep Pep sepanjang jalan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Aceh Tamiang, Kamardi Arif mengatakan, kegiatan ‘KIP Meu Pep Pep’ dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Hari ini kegiatan KIP Meu Pep Pep, kita lakukan di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Manyak Payed dan Kecamatan Karang Baru dengan mengikutsertakan petugas PPK dan PPS Kecamatan.

Di samping itu, Kamardi Arif menjelaskan bahwa KIP Aceh Tamiang meminta masyarakat untuk melindungi hak pilihnya di Pilkada 2024 dengan memastikan nama sudah tertera di daftar pemilih tetap (DPT) atau belum.

Untuk memastikan sudah terdaftar atau belum dalam DPT, Kamardi Arif mengatakan, masyarakat dapat mengecek dan membuka situs KPU atau  infopemilu.kpu.go.id atau bisa akses langsung ke cekdptonline.kpu.go.id.

Menurutnya laman ini memiliki antarmuka dan navigasi simpel yang memudahkan pemilih untuk cek nama mereka di DPT sekaligus lokasi TPS saat mereka mencoblos.

“Jadi, pemilih cukup mengunjungi laman tersebut dan memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berjumlah 16 digit. Atau bisa datang langsung ke PPS masing – masing kampung” jelasnya.

Dijelaskan Kamardi Arif bahwa pada Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 lalu, Aceh Tamiang mencapai 81 persen kehadirannya ke TPS menggunakan hak pilihnya, tapi untuk Pilkada diharapkan Partisipasi masyarakat bisa lebih dari pilpres.

“Untuk itu kita mengajak masyarakat dapat ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” sebut Kamardi Arif mengakhiri. (Saiful Alam) 

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook