Gakkumdu Pilkada Abdya Bakal Panggil Kepala Sekolah dan Kadis

Ketua Panwaslih Abdya, Wahyu Chandra (tengah), didampingi oleh Dua Komisioner Panwaslih Abdya lainnya. [Foto: The Aceh Post/Robby Sugara]

THEACEHPOST.COM | Blangpidie – Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Wahyu Candra mengatakan dalam waktu dekat Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang terdiri dari Panwaslih, Kepolisian dan Kejaksaan akan memanggil Kepala Sekolah dan Kepala Dinas.

banner 72x960

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wahyu Candra dalam acara Media Gathering di kantor Panwaslih setempat, Blangpidie, Rabu (23/10/2024).

“Dalam waktu dekat Gakkumdu akan memanggil seluruh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas untuk duduk bersama guna adanya sinergitas bersama Panwaslih dalam mengawasi Pilkada damai dan berintegritas,” ujarnya.

Dihadapan seluruh insan pers, Ketua Panwaslih Abdya itu juga mengakui pengawasan tahapan Pilkada di Aceh agak lemah kalau dibandingkan dengan daerah lain di luar provinsi Aceh.

Ia memberikan contoh seperti terlambatnya rekruitmen Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Begitu juga dengan persoalan Alat Kerja Pengawasan (Form A) yang baru ada dibulan September.

“Di daerah lain di luar Aceh, PKD itu sudah ada sejak bulan Mei, sedangkan di Aceh baru ada di bulan September. Lain lagi dengan persoalan Alat Kerja Pengawasan (Form A) kita,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Wahyu, minimnya anggaran yang dimiliki oleh Panwaslih Abdya juga menjadi kendala bagi lembaganya dalam melakukan kegiatan sosialisasi sebagai upaya pencegahan.

“Sehingga salah satu upaya pencegahan kita beberapa waktu lalu, Panwaslih Abdya terpaksa minta tolong kepada Pj Bupati untuk turun bersama ke setiap kecamatan dalam rangka memberikan sosialisasi kepada seluruh Keuchik,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap agar insan pers yang ada di Abdya dapat menyajikan berita yang berimbang, tidak memihak dan tidak mengada-ngada.

“Tensi politik di daerah kita ini sangat panas, jadi kami harapkan pemberitaan dari teman-teman insan pers dapat menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Berdasarkan amatan Theacehpost.com, kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan Komitmen bersama Sinergitas Panwaslih dengan Insan Pers yang diwakili oleh para ketua Lembaga Pers yang ada di Bumoe Breuh Sigupai, seperti PWI, PWA, FJA, IWA, Forja, BPC Abdya dan PTP Abdya. (Robby Sugara)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook