Zawiyah Nurun Nabi Bakal Laksanakan Zikir Akbar Bersama Ulama Sufi dari Turki di Masjid Raya Baiturrahman

Syekh Sayyid Muhammad Adil Ar-Rabbani QS. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Syekh Sayyid Muhammad Adil Ar-Rabbani QS, seorang ulama sufi dan Mursyid Tarekat Naqsyabandi ‘Aliyah asal Turki akan memimpin zikir akbar di Masjid Raya Baiturrahman pada hari Jumat, 25 Oktober 2024.

banner 72x960

Selama berada di Banda Aceh, Syekh Sayyid Muhammad Adil atau yang dikenal dengan nama Mawlana Syekh Mehmet Adil, akan berziarah serta mengikuti acara Maulid Akbar di Zawiyah Nurun Nabi.

Khadimul  Zawiyah Nurun Nabi, Tgk Jamhuri Ramli mengatakan, kedatangan Mawlana yang ketiga kalinya ke Banda Aceh ini selain mengikuti serangkaian kegiatan maulid, ziarah ke makam ulama, Mawlana juga kan memimpin zikir dan memberikan tausiah di Masjid Raya Baiturrahman.

“Sebagai salah satu ulama sufi, tausiah beliau selalu menyejukkan dan menyentuh hati,” kata Tgk Jamhuri dalam siaran pers yang diterima Theacehpost.com, Selasa (22/10/2024).

Untuk Diketahui, Syekh Sayyid Muhammad Adil Ar-Rabbani QS, lahir pada 29 Maret 1957, adalah sosok penting dalam tradisi spiritual Islam.

Ia merupakan putra tertua dari Mawlana Syekh Sayyid Muhammad Nazil Adil al-Haqqani QS dan Hajjah Aminah Adil Sultan Hanim.

Dalam garis keturunan yang mulia, ayahnya merupakan keturunan Mawlana Syekh Abdul Qadir al-Jaeilani QS, pendiri Tarekat Qadariyah, sementara ibunya berasal dari garis keturunan Mawlana Jalaluddin Rumi QS, pendiri Tarekat Maulawiyah.

Melalui jalur ini, Syekh Muhammad Adil juga terhubung dengan Nabi Muhammad Saw.

Masa muda Syekh Muhammad Adil dihabiskan di Suriah, di mana ia dibimbing oleh dua mursyid agung, Syekh Abdullah Faiz ad-Dagestani QS dan Mawlana Syekh Nazim QS, yang merupakan mursyid ke-39 dan ke-40 dalam silsilah Tarekat Naqsyabandi Aliyya.

Dalam perjalanan spiritualnya, ia mempelajari adab dan disiplin tarekat dengan ketekunan yang tinggi, didukung oleh pendidikan Islam formal di madrasah yang diajarkan oleh para ulama Ahlussunnah wal Jama’ah di Damaskus.

Syekh Muhammad Adil Ar-Rabbani QS, terus-menerus mengajak umat untuk mendalami spiritualitas, menciptakan harmoni di dunia yang semakin kompleks.

Di sisi lain, Ketua Panitia, Tgk Anhar Razali, mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk hadir dan mengikuti zikir akbar yang akan dilaksanakan hari Jumat, 25 Oktober 2025, Ba’da Isya.

“Harapan kami kepada masyarakat kota Banda Aceh dan sekitarnya dapat menghadiri zikir akbar yang akan digelar oleh Zawiyah Nurun Nabi, ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi kita semua untuk mendalami tentang ilmu tasawuf,” ajaknya. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook