Jelang Debat Pilgub Aceh 2024, Ini Tema Penting yang Diperdebatkan

Komisioner KIP Aceh bidang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hendra Darmawan. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Debat publik jadi salah satu tahapan yang ditunggu-tunggu masyarakat dalam rangkaian Pemilihan Gubernur (Pilgub) Aceh 2024. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah menetapkan jadwal debat publik Pilgub Aceh.

banner 72x960

Komisioner KIP Aceh bidang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hendra Darmawan mengatakan, debat publik atau debat terbuka antar Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dilaksanakan tiga kali.

Untuk debat pertama akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2024 pada pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai di Hotel Amel Convention Hall Banda Aceh. Debat pertama ini juga akan disiarkan secara langsung oleh lembaga penyiaran publik yaitu Kompas TV dan di-relay oleh Aceh TV serta tayang di Akun YouTube KIP Aceh.

Kemudian debat kedua akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2024 di The Pade Hotel dan disiarkan secara nasional oleh lembaga penyiaran publik TVRI.

Debat ketiga dipastikan akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2024 di Hermes Hotel Banda Aceh dan disiarkan oleh iNews TV.

Hendra Darmawan mengatakan, tema penting yang diperdebatkan dalam ketiga kali debat publik tersebut mencerminkan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tema yang dipersiapkan lahir dari isu-isu strategis dan merupakan kolaborasi antara Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Aceh dengan visi-misi dan program pasangan calon. Intinya debat publik antar pasangan calon ini dilakukan hanya untuk pendalaman dan penajaman visi-misi dan program antar pasangan calon,” ujar Hendra Darmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima Theacehpost.com, Banda Aceh, Minggu (20/10/2024).

Untuk persiapannya sendiri, Darmawan menegaskan bahwa pihaknya hingga saat ini sedang mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana demi terlaksananya debat publik secara maksimal dan berkepastian hukum. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook