Dinkes Aceh Selatan Tambah Pasokan Obat untuk Pengungsi Banjir Trumon Raya

Sekretaris Dinkes Faizah Abbas beserta staf Dinkes menyalurkan langsung pasokan obat-obatan ke tim nakes di wilayah Trumon Raya.[Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Tapaktuan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Selatan menambah pasokan obat-obatan untuk warga pengungsi terdampak banjir di wilayah Trumon Raya, hal dilakukan sesuai kebutuhan dan permintaan tim nakes yang bertugas di posko kesehatan di wilayah setempat.

banner 72x960

Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan Faizah Abbas,S.tr.Keb, M.K.M kepada Theacehpost.com Selasa (15/10/2024) mengatakan untuk kebutuhan obat-obatan kita pastikan tercukupi, hal ini dilakukan dalam  upaya menanggulangi dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh banjir yang sedang terjadi di wilayah Trumon Raya dan sekitarnya.

“Pihak Dinas Kesehatan beserta staf kemarin sudah mendistribusikan pasokan obat-obatan ke posko kesehatan di wilayah Trumon Raya. Langkah ini dilakukan sebagai respons cepat terhadap kondisi kesehatan masyarakat pasca banjir. Untuk mengatasi penyakit kulit, diare, infeksi saluran pernapasan, hingga demam berdarah,” ucap Faizah Abbas Sekretaris Dinkes yang menyalurkan langsung pasokan obat-obatan ke tim nakes di wilayah Trumon Raya.

Selain mendistribusikan obat-obatan pihak Dinas Kesehatan juga memberikan vitamin dan lainnya untuk petugas tenaga kesehatan yang bertugas pada posko kesehatan di wilayah Trumon Raya dan melakukan edukasi kepada masyarakat di pengungsian tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit.

“Fasilitas sanitasi seperti toilet darurat dan air bersih juga menjadi perhatian utama dalam upaya pencegahan penyakit di tengah bencana ini. Dengan adanya upaya ini, diharapkan para pengungsi dapat terhindar dari potensi wabah penyakit dan tetap mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai selama masa pengungsian,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Aceh Selatan Yuhelmi, SH,MH menyampaikan, bahwa pasokan obat-obatan, termasuk antibiotik, antipiretik, obat diare, dan peralatan medis lainnya, telah dikirim ke posko-posko pengungsian di daerah terdampak banjir.

“Dalam hal ini Dinas Kesehatan juga telah memperkuat tenaga medis yang bertugas di lapangan, seperti dokter dan perawat, untuk memberikan pelayanan kesehatan secara langsung kepada para masyarakat pengungsi,”katanya.

Yuhelmi menjelaskan Dinkes Aceh Selatan yang merupakan bagian dari Pemerintah tentu ikut berperan serta dalam upaya penanggulangan bencana alam serta berkomitmen untuk memastikan bahwa kebutuhan medis para pengungsi dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat.

“Dalam hal ini pihak kita terus memantau setiap wilayah yang terdampak banjir dan untuk kebutuhan kesehatan dan pasokan obat-obatan akan segera ditambah jika dibutuhkan,”pungkasnya. (Yurisman)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook