Pj Bupati Asra Lantik 14 Pejabat Administrator

Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Karang Baru – Sebanyak 14 orang Pejabat (Pj) Administrator di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang dilantik hari ini. Pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Pj Bupati Asra, Senin (7/10/2024) sore di aula Setdakab setempat.

banner 72x960

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, dalam amanatnya meminta supaya para pejabat yang dilantik segera menyelesaikan tanggung jawab di unit kerja lama dan segera beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

“Segera selesaikan tugas dan tanggung jawab di tempat kerja yang lama, dan beradaptasi di lingkungan kerja baru,” sebutnya.

Dikatakan Pj Bupati Asra, proses mutasi adalah hal biasa guna penyegaran sesuai kebutuhan organisasi. Ditegaskannya, tidak ada unsur politisasi dalam rotasi dan promosi yang sedang dilangsungkan tadi.

Berbicara tanpa teks, Pj. Bupati Asra banyak mengisahkan pengalaman dirinya selama menjadi birokrat. Dituturkannya, sejumlah kejadian telah dilaluinya, termasuk merasakan “bangku panjang”, sebelum akhirnya menduduki posisi puncak karir sebagai Sekretaris Daerah yang kemudian mengantarnya menjadi penjabat kepala daerah.

“Sebelum lahir, takdir kita telah dituliskan Allah. Jadi kita ini sebenarnya hanya pelakon. Namun, adalah tugas kita berikhtiar untuk mengusahakan yang apa yang telah ditetapkan Allah tersebut,” ujar Pj. Bupati Asra bijak.

Dalam pada itu, secara khusus Pj. Bupati Asra berpesan kepada Kepala Sekretariat Baitul Mal yang baru. Ia meminta agar pejabat yang baru dilantik mempedomani Quran, Surah At-Taubah ayat 60, yang berbicara khusus perihal asnif zakat.

“Pelajari dan pedomani betul Surat At-Taubah ayat 60 ya Pak Budi. Inilah dasar kerja Pak Budi dan Komisioner Baitul Mal,” pesannya kepada T. Budi Darma, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan yang dimutasi menjadi Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang.

Menutup amanatnya, Pj. Bupati Asra sekali lagi menekankan agar para pejabat yang dilantik segera membangun konsolidasi tim kerja guna memberikan kontribusi terbaik.

Dari 14 pejabat administrator yang dilantik sore tadi, 5 diantaranya mendapatkan promosi jabatan. Kelima ASN tersebut adalah, Hermawan, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda mendapat promosi sebagai Sekretaris Bappeda. Jabatan yang ditinggalkannya, diisi oleh Renir Hidayat, yang sebelumnya menjabat Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda pada BPKD.

Selanjutnya, Cut Nanda Nofrita, Pekerja Sosial Ahli Muda pada DPMKPPKB dipromosikan menjadi Sekretaris Kecamatan Rantau. Khairunnizam Ahmad, sebelumnya Kasie Tapem Kecamatan Seruway, dipromosikan sebagai Kabid Pengaduan, Kebijakan & Pelaporan Layanan DPMPTSP. Kemudian, Neni Sriwahyuni, sebelumnya Analis Kebijakan Ahli Muda, dipromosikan menjabat Kabid Perekonomian & SDA pada Bappeda Aceh Tamiang.

Sementara 10 pejabat yang dirotasi adalah, Tengku Budi Dharma, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan dilantik sebagai Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten, menggantikan Dedi Nurfadli yang berpindah jabatan sebagai Sekretaris Dinas PUPR. Kemudian, Edwin Latifurahman Sahputra, bergeser dari Sekretaris Dinas PUPR dirotasi menjabat Sekretaris Satpol PP & WH. Muhammad Yani, sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda, dilantik dalam jabatan baru sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan, namun Muhammad Yani belum dilantik pada saat itu karena sedang DL ke Jakarta dan pelantikannya menyusul setelah kembali ke daerah.

Selanjutnya, Cakra Arbas, Kabid Aset BPKD berpindah menjabat Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnakertrans, menggantikan Zul Suhendri yang mengisi jabatan Kabid Pemerintahan & Pembangunan Manusia pada Bappeda. Azhar, sebelumnya Kabid Perekonomian & SDA Bappeda dirotasi sebagai Sekretaris Kecamatan Tenggulun.

Seterusnya, Ismail, Kabid Pengadaan & Pengurusan Hak-hak Atas Tanah pada Dinas Pertanahan setempat, dilantik sebagai Kabid Aset BPKD. Jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh Syukri, yang lama menjabat Kabid Pembinaan Nelayan dan Produksi Perikanan pada DPKP. Terakhir, Ernitayani, sebelumnya Kabid Pengaduan, Kebijakan & Pelaporan Layanan DPMPTSP, mengisi jabatan Kabid Pembinaan Nelayan dan Produksi Perikanan pada DPKP Aceh Tamiang. (Saiful Alam)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook