PAS Aceh Buktikan Eksistensinya Sebagai Parlok Baru, Berhasil Antar 4 Pimpinan Dayah ke DPRA

Kolase foto anggota DPR Aceh periode 2024-2029 dari PAS Aceh. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Sejak pertama dirintis pada tahun 2021, Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh sejauh ini telah memainkan peranan yang cukup vital dalam dinamika politik lokal.

banner 72x960

Misalnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kemarin, PAS Aceh berhasil mengantar empat orang kadernya untuk mengisi kursi parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh periode 2024-2029.

Sementara di tingkat kabupaten/kota, kader PAS Aceh ada juga yang berhasil lolos ke parlemen DPRK. Jumlah akumulasinya ada sebanyak 16 anggota dewan yang tersebar di kabupaten/kota se-Aceh.

Hasil Pemilu 2024 menunjukkan bukti bahwa PAS Aceh sebagai partai lokal baru yang lahir dari rahim rakyat Aceh tidak bisa dianggap remeh, apalagi dipandang sebelah mata.

Meski masih berusia seumur jagung, namun popularitas PAS Aceh berhasil mengunci kemenangan suara elektoral yang pasti. Hal ini dapat dilihat dengan berhadirnya sejumlah anggota dewan yang beralmamater PAS Aceh.

Belum lagi PAS Aceh saat ini juga memiliki peranan cukup sentral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, dimana partai besutan ulama itu tergabung dalam Koalisi Harapan Baru pengusung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh nomor urut 01, Bustami Hamzah dan Fadhil Rahmi.

Kehadiran PAS Aceh di tengah masyarakat terbilang sukses memberi warna baru terhadap wajah politik Aceh ke depan.

Profil Anggota DPR Aceh dari PAS Aceh

Sebelumnya, calon anggota DPR Aceh terpilih periode 2024-2029 secara resmi telah dilantik dan dikukuhkan dalam rapat paripurna yang diagendakan di Gedung DPR Aceh, Banda Aceh, Senin (30/9/2024) pagi.

Diketahui ada 13 partai yang berhasil lolos ke parlemen DPR Aceh, baik partai lokal maupun partai nasional. PAS Aceh merupakan salah satu dari 13 partai yang berhasil mengirimkan empat orang kadernya untuk duduk di kursi parlemen DPR Aceh.

Berikut ini adalah anggota DPR Aceh dari PAS Aceh periode 2024-2029.

1. Tgk Nurdin M Judon (Abi Nas)

Tgk Nurdin M Judon atau akrab disapa Abi Nas merupakan seorang pimpinan sekaligus pendiri Dayah Dhiya Ulhaq Al-Aziziyah di Bireuen.

Abi Nas dikenal sebagai seorang mubaligh yang berintelektual tinggi. Bahkan perjalanan dakwah Abi Nas telah dimulai sejak dirinya masih menjadi santri di Dayah Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (MUDI Mesra) Samalanga.

Di samping itu, Abi Nas juga pernah menjabat sebagai anggota DPRK Bireuen periode 2009-2014.

Pada Pemilu 2024, Abi Nas mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh 3. Abi Nas mendapat dukungan masyarakat sebanyak 20.763 suara.

2. Tgk Rasyidin H Ahmad (Waled Nura)

Tgk Rasyidin H Ahmad atau biasa disapa Waled Nura merupakan pendiri sekaligus pimpinan Dayah Nurur Rasyad Al-Aziziyah (NURA) di Pidie.

Waled Nura dikenal sebagai seorang cendekiawan muslim yang mendedikasikan diri untuk berdakwah dan membawa kemaslahatan bagi umat.

Di kepengurusan partai, Waled Nura berposisi sebagai Sekretaris Mustasyar PAS Aceh.

Pada Pemilu 2024, Waled Nura mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Dapil Aceh 2. Waled Nura mendapat dukungan masyarakat sebanyak 13.915 suara.

3. Tgk Muhammad (Abi Alue Lhok)         

Tgk Muhammad atau populer disapa Abi Alue Lhok merupakan pimpinan Dayah Al Muna Al Aziziyah di Aceh Timur. Abi Alue Lhok merupakan putra seorang ulama besar Aceh, almarhum Tgk Abdul Manan (Ayah Manan Alue Lhok).

Abi Alue Lhok dikenal gemar menimba ilmu, bahkan pernah belajar ilmu agama di beberapa dayah ternama di Aceh termasuk di MUDI Mesra Samalanga.

Di kepengurusan partai, Abi Alue Lhok merupakan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PAS Aceh Timur.

Pada Pemilu 2024, Abi Alue Lhok mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Dapil Aceh 6. Abi Alue Lhok mendapat dukungan masyarakat sebanyak 11.417 suara.

4. Tgk Teuku Zulfadli (Waled Landeng)

Tgk Teuku Zulfadli atau yang akrab disapa Waled Landeng merupakan seorang pimpinan Dayah Keumaral Al-Aziziyah di Aceh Utara.

Waled Landeng dikenal sebagai sosok yang santun dan cerdas. Waled Landeng juga dikenal cukup vokal dalam membela hak-hak masyarakat yang tertindas.

Pada Pemilu 2024, Waled Landeng mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Dapil Aceh 5. Waled Landeng mendapat dukungan masyarakat sebanyak 7.017 suara. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook