Pj Bupati Asra Resmikan DPKP Kabupaten Aceh Tamiang, Siaga Bencana Kebakaran

Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra, meresmikan DPKP Aceh Tamiang. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Karang Baru – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra, mengingatkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Aceh Tamiang diminta untuk melakukan upaya meminimalisir terjadinya kebakaran.

banner 72x960

Hal itu disampaikan Asra dalam pidato sambutan saat peresmian DPKP Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (19/9/2024) di Workshop Kantor BPBD setempat.

“Kalau nol kejadian kebakaran itu tidak mungkin, tapi setidaknya ada penurunan angka terjadinya kebakaran dengan melalui upaya meminimalisir,” ujar Asra.

Ungkapan Asra tersebut menanggapi laporan yang disampaikan Plt Kepala DPKP Aceh Tamiang yang baru diresmikan, M Ilham Malik SSTP MM yang menyebutkan kejadian kebakaran di setiap tahunnya mencapai hingga melebihi di atas angka 50-an.

Asra menekan agar petugas pemadam kebakaran bisa tiba ke lokasi kebakaran tepat waktu, 15 menit setelah mendapatkan informasi harus sudah sampai ke lokasi kebakaran.

“Sayang sekali kita selalu datang terlambat,” sebut Asra sembari menyebutkan rata-rata setiap kebakaran itu terjadi gara-gara konslet listrik.

Asra juga meminta kepada para camat di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang untuk lebih peka terhadap gang kebakaran di pemukiman penduduk.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Aceh Tamiang, M Ilham Malik SSTP mengungkapkan jumlah seluruh personel di Dinas yang di bawahinya itu sebanyak 105 orang petugas, yang diantaranya ditugaskan di enam pos yang berada di sejumlah kecamatan.

Ilham juga mengharapkan dukungan dan kerja sama dari segenap instansi yang ada serta masyarakat sepenuhnya.

“Kami berharap kedepannya mendapat dukungan yang optimal dari seluruh stakeholder,” harap Ilham yang juga masih berstatus sebagai Camat Tamiang Hulu.

Imbuh Ilham, dirinya sangat bersyukur Pemadam Kebakaran (Damkar) Aceh Tamiang kini sudah berpijak di atas kaki sendiri dan mengurusi rumah tangganya secara mandiri.

“Selama ini, pemadam kebakaran pernah berpindah tempat dari satu instansi ke instansi yang lain sebanyak enam kali, diantaranya Dinas PU, Bagian Umum Serdakab, DLH, dan BPBD yang akhirnya sekarang sudah berdiri sendiri sebagai sebuah dinas,” pungkas Ilham. (Saiful Alam)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook