Intisari Coffee: Sebuah Perjuangan Memperkenalkan Kopi Arabica di Tengah Budaya Kopi Kemasan

Intisari Coffee. [Foto: Instagram/@intisarikopi_]

THEACEHPOST.COM | Bireuen – Avra Husanie, seorang barista di Intisari Coffee, membagikan kisah perjuangan bisnisnya dalam memperkenalkan kopi Arabica di tengah dominasi budaya kopi kemasan.

banner 72x960

Berdiri di daerah yang masyarakatnya lebih akrab dengan kopi sachet, Intisari Coffee terus berjuang menanamkan budaya menikmati kopi berkualitas tinggi.

Dalam wawancara eksklusif, Avra menceritakan bahwa bisnis ini dibangun dengan standar kualitas yang ketat di setiap aspeknya, mulai dari pengolahan biji kopi di kebun hingga penyajiannya di kedai.

“Kami mengoptimalkan semua aspek dengan standar yang tinggi. Mulai dari kebun, roastery, bar hingga media, bahkan distributor. Setiap hari, kami kalibrasi biji kopi dua kali, di pagi dan sore hari,” ujar Avra, Rabu (18/9/2024).

Avra juga menjelaskan bahwa produk mereka tidak memiliki variasi harga yang banyak, hal ini sengaja dilakukan untuk memastikan kualitas yang konsisten di setiap produk yang ditawarkan.

“Kami tidak bermain di variasi harga, karena fokus kami adalah menjaga kualitas yang optimal,” tambahnya.

Keuntungan dari bisnis ini terus meningkat setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, dalam setahun kami bisa membangun satu outlet baru, dan tiap tahun ada penambahan. Semua ini berkat kerja sama tim yang solid,” ungkap Avra.

Saat ini, Intisari Coffee sudah memiliki dua gerai, yakni di SPBU Jeunieb dan SPBU Cot Gapu Bireuen. Meski demikian, Avra menegaskan bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.

Di Intisari Coffee, pelanggan memiliki kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan barista terkait biji kopi yang mereka pilih. Kursi yang tersedia di depan bar menjadi ruang interaksi antara pelanggan dan barista.

Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang Intisari Coffee di Instagram @intisarikopi_.

Kehadiran Intisari Coffee juga berdampak positif bagi komunitas lokal.

“Kami bekerja sama langsung dengan petani, roastery, supplier, dan komunitas kopi di Aceh, salah satunya ASKI,” kata Avra.

Dengan kolaborasi ini, Intisari Coffee turut berperan dalam memajukan industri kopi di Aceh.

Ke depan, Avra berharap agar Intisari Coffee bisa berkontribusi lebih dalam mengangkat kopi Gayo di kancah nasional dan internasional.

“Perkopian dunia semakin maju, dan kami ingin menjadi bagian dari perkembangan itu,” tutupnya.

Dengan komitmen tinggi pada kualitas dan kolaborasi yang solid, Intisari Coffee terus menapaki jalan sukses di industri kopi, sembari membawa cita rasa kopi Gayo ke panggung dunia. (Susan)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook