HUT Ke-79, PMI Abdya Lakukan Donor Darah dan Kampanye Aksi Cerdas Perubahan Iklim

PMI Abdya melakukan donor darah. [Dok. PMI Abdya]

THEACEHPOST.COM | Blangpidie – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan kegiatan donor darah.

banner 72x960

Selain kegiatan donor darah, PMI Abdya juga melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur di HUT ke-79 PMI yang dibalut dalam aksi adaptasi iklim di Aula Kantor PMI setempat, Komplek Pendidikan Padang Meurante, Susoh, Selasa (17/9/2024).

Dari aksi donor darah yang dibantu oleh Tim Medis Unit Transfusi Darah Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD BLUD RSUD) Teungku Peukan Abdya itu, berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PMI Abdya, Nurdianto, menyampaikan bahwa, PMI sesuai dengan amanat Undang-Undang No 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, menjalankan berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

“Saat ini, selain bencana alam dan kesehatan, salah satu masalah global yang perlu menjadi perhatian kita semua termasuk PMI yaitu isu perubahan Iklim,” ujar Nurdianto.

Menurutnya, perubahan iklim tentunya tidak bisa ditolak tapi masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi perubahan iklim tersebut.

Pada HUT Ke-79 tahun 2024 ini, lanjutnya. Kegiatan utama difokuskan pada beberapa kegiatan dan aksi untuk adaptasi perubahan iklim dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Program ‘Bibit-Tanam-Tumbuh’, misalnya pelatihan pembuatan bibit tanaman untuk anak sekolah dengan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai penggerak sebaya di Sekolah, yang dilanjutkan dengan tanam sampai tumbuh,” terangnya.

Kemudian selain kegiatan itu, PMI Abdya juga melakukan kampanye aksi cerdas perubahan iklim. Dengan mengurangi penggunaan plastik, hemat energi dan hemat air.

Mantan Ketua DPRK Abdya itu juga menyampaikan ucapan terimakasih pada segenap donatur, instansi dan pihak-pihak terkait dan masyarakat yang sudah bersinergi dengan PMI.

“Kepada segenap jajaran PMI di seluruh tingkatan, mari kita semua senantiasa mendedikasikan diri untuk melakukan kegiatan kemanusiaan melalui PMI, tingkatkan sinergitas dengan berbagai pihak untuk melakukan Aksi Adaptasi Iklim,” pungkas Anggota DPRK Abdya dari Partai Demokrat tersebut.

Turut hadir pada acara itu, Ketua Sementara DPRK Abdya, Roni Guswandi (Abi Roni), Kadinkes Abdya, Safliati, beserta unsur Forkopimkab lainnya dan para pengurus PMI Abdya. (Robby Sugara)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook