Jatim Jegal Aceh di Laga Semifinal Sepakbola PON XXI dengan Skor 3-2, Tantang Kalsel untuk Medali Perunggu

Laga semifinal sepakbola PON XXI antara Jatim vs Aceh di Stadion Harapan Bangsa, Bangda Aceh, Senin (16/9/2024) malam. [Foto: PSSI]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Jawa Timur (Jatim) sukses mengalahkan Aceh pada laga semifinal Cabang Olahraga (Cabor) Sepakbola Putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa (SHB) dengan skor 3-2, Senin (16/9/2024) malam.

banner 72x960

Laga pertandingan ini dipimpin oleh wasit Liga 1 Indonesia, Rio Permana Putra, dibantu asisten wasit, Joko Sumanto dan Antan Nur Kholiq.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Aceh langsung melakukan tekanan ke arah pertahanan tim kesebelasan Jatim. Momentum terjadi di menit ke-3, Radiansyah yang tak terkawal menerima umpan lambung dari Irza Rahmad dan mampu mengkonversi jadi gol lewat sundulannya. Skor menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol, pemain Jatim mulai bangkit dan bermain taktis dengan mengandalkan kecepatan Achmad Dwi Firmansyah dan Wigi Pratama.

Tak butuh waktu lama bagi Jatim untuk membuat gol penyeimbang yang tercipta pada menit ke-31 oleh Achmad Dwi yang menerima umpan silang dari Wigi. Skor menjadi 1-1.

Selang beberapa menit kemudian, Jatim kembali mengganda keunggulan lewat serangan balik Achmad Dwi yang mampu mengumpang silang ke Wigi Pratama. Wigi yang berada di depan gawang mampu mencetak gol.

Hingga babak pertama, tim Jatim unggul 2-1 atas tim Aceh.

Masuk pada babak kedua, Aceh dan Jatim mulai bermain terbuka. Kedua tim saling menyerang. Pada menit ke-73, serangan balik cepat dari Jatim mampu meruntuhkan barisan pertahanan tim Aceh lewat tendangan Wigi Pratama.

Tendangan mendatar yang dilesatkan Wigi tak mampu dihalau oleh kiper Aceh, M Safrijal. Skor kemudian menjadi 3-1.

Tertinggal jauh, tim kesebelasan Aceh mulai bermain keras. Rafyansah harus keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua saat dia menjatuhkan Ahmad Dwi yang sedang membangun serangan.

Bermain dengan 10 pemain, Aceh justru bermain lebih terbuka dan mengurung pertahanan Jatim. Tiba di menit-menit akhir, Mahyuddin yang menusuk jantung pertahanan Jatim berkesempatan melesatkan tendangan keras dan mengenai kaki pemain belakang Jatim yang membuat bola bergulir masuk ke gawang Jatim. Gol pun tercipta dan Aceh mempersempit ketertinggalan dengan skor 3-2.

Namun skor tersebut bertahan hingga peluit berakhirnya pertandingan ditiup wasit.

Kemenangan atas Aceh membuat tim sepakbola Jatim berhak melaju ke babak final dan sudah ditunggu oleh tim Jawa Barat.

Sementara Aceh yang kalah dalam laga semifinal ini akan berhadapan dengan tim Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memperebutkan medali perunggu PON XXI. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook