PSSI Ganti Wasit Semifinal dan Final Sepakbola PON XXI Aceh-Sumut

Aceh (merah) menang WO atas Sulawesi Tengah usai kontroversi di PON 2024. [Foto: Antara/Hendri Sukma Indrawan]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa insiden kontroversial pada laga Aceh kontra Sulawesi Tengah (Sulteng) di babak perempat final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion H Dimurthala Banda Aceh pada Sabtu, 14 September 2024 kemarin, menjadi bukti betapa rumitnya membenahi sepakbola di Indonesia.

banner 72x960

Menurut Arya, sekalipun upaya pembenahan dilakukan di tingkat atas, insiden semacam itu menunjukkan masih adanya masalah serius di level bawah.

“Begini nih beratnya mengurus sepakbola kita yang belibet banget. Kami lagi benahi di atas,  eh di bawah kejadian malah seperti ini,” kata Arya Sinulingga, sebagaimana dikutip dari akun instagram pribadinya, Senin (16/9/2024).

“Apalagi, yang kemarin di mana wasit sangat kontroversial, kemudian ada tumbukan juga oleh pemain terhadap wasit,” tambahnya.

Atas kejadian tersebut Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung merespons cepat dengan memerintahkan investigasi menyeluruh terkait insiden ini.

Hal itu dengan upaya membentuk sejumlah komite mengusut tuntas kejadian tersebut, termasuk Komite Hukum, Komite Yudisial, Komite Banding, dan Komite Keamanan.

“Tujuan agar bisa diketahui siapa dalang di balik kejadian itu dan bisa diberikan penghukuman dan konsekuensi terhadap tindakan itu,” katanya.

Tidak sampai di situ, Arya Sinulingga mengatakan, PSSI juga akan mengirim langsung wasit untuk bertugas di laga semifinal dan final PON XXI 2024 menggantikan wasit-wasit sebelumnya.

“Di sisi lain, Pak Erick juga sudah minta supaya pertandingan semifinal dan final bisa berlangsung fair tidak lagi seperti kemarin,” ujar pria berkacamata itu.

“Mengganti semua wasit yang bertugas kemarin. Hari ini sore (kemarin) sudah ditugaskan wasit-wasit terbaik,” katanya. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook