BPS dan DPW ADI Aceh Tandatangani MoU Bidang Pendidikan, Penelitian dan Human Resources

Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si., MT (Ketua BPS Aceh) dan Prof. Dr. Syamsul Rijal (Ketua DPW ADI Aceh) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di kantor BPS Aceh, Rabu 11 September 2024. (Foto: Dok. BPS Aceh).

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia (DPW ADI) Aceh, di Banda Aceh, Rabu 11 September 2024.

banner 72x960

Kesepakatan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan sinergi antara kedua lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta sumber daya manusia (Human Resources) guna mendukung implementasi tridharma perguruan tinggi dan data statistik.

Ketua BPS Aceh, Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si., MT, dalam sambutannya menekankan akan pentingnya kolaborasi ini untuk menjadikan data yang dimiliki BPS lebih bermakna dan aplikatif.

“Membangun dengan data itu jauh lebih mahal dari pada membangun tanpa data,” kata Ahmadriswan di kantor BPS Banda Aceh saat penandatanganan kerja sama tersebut, Rabu 11 September 2024.

Ahmadriswan menuturkan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Aceh.

Kemudian Inspektur Utama BPS RI Dr. Dadang Hadriwan, S.Si, M.Si juga menyampaikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini.

Ia menyatakan bahwa kemitraan ini merupakan langkah pionir dalam penyebaran informasi statistik yang lebih luas dan bermakna bagi masyarakat.

“Kedua pihak berkomitmen untuk melakukan penelitian, penulisan karya ilmiah, dan pengabdian masyarakat secara kolaboratif,” ujarnya.

Foto: Dok. BPS Aceh

Sementara itu, Ketua DPW ADI Aceh, Prof Dr Syamsul Rijal M.Ag mengatakan, kerja sama dengan BPS Aceh sangat penting untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Aceh.

“Data statistik sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian. Kami berharap kerja sama ini dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di Aceh dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah,” ujar Prof Syamsul Rijal.

Guru Besar Filsafat Islam pada Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini optimis bahwa kerja sama akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pengurus DPW ADI Aceh dan diharapkan dapat membuka jalan bagi berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di masa mendatang.[]

Komentar Facebook