Api Cauldron Menyala, PON XXI Aceh-Sumut Resmi Dibuka

Atlet Angkat Besi Aceh, Nurul Akmal, menyulut api di cauldron dengan obor api PON. Seremoni ini menandakan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut resmi dibuka, Senin (9/9/20024). [Foto: The Aceh Post/Akhyar]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut resmi dibuka. Hal itu ditandai dengan dinyalakannya api di cauldron dengan obor api PON yang disulut oleh Nurul Akmal, seorang atlet angkat besi Aceh yang berhasil meraih prestasi dalam pesta olahraga tingkat internasional.

banner 72x960

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, edisi PON 2024 diadakan di dua provinsi sekaligus, juga menandai pertama kalinya diadakan di Provinsi Aceh.

Upacara pembukaan atau opening ceremony PON XXI Aceh-Sumut berlangsung pada Senin (9/9/2024) pukul 20.00 WIB di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh.

Setelah dibuka dengan pertunjukan tari kolosal, para atlet dan ofisial melalui kontingen masing-masing daerah kemudian diperkenalkan. Masing-masing kontingen diperkenalkan dalam defile atau parade atlet dan ofisial.

Parade diawali dengan pengenalan maskot PON XXI Aceh-Sumut yaitu Po Meurah (representasi Gajah Putih) dan Matra (representasi Harimau Sumatera), selanjutnya para wasit yang berjalan.

Kemudian secara beriringan setiap kontingen daerah berjalan mengenalkan diri. Provinsi Bali menjadi kontingen pertama yang diperkenalkan, lalu Banten dan seterusnya. Parade ini diakhiri dengan diperkenalkannya kontingen Sumut dan kontingen Aceh selaku tuan rumah.

Semua atlet dan ofisial dari masing-masing kontingen mengenakan seragam yang mencirikan masing-masing kontingen. Mereka berjalan menyapa para hadirin dengan lambaian tangan, juga dibalas dengan gemuruh tepuk tangan para hadirin.

Untuk diketahui, ajang multi-olahraga PON XXI Aceh-Sumut yang bertemakan “Bersatu Kita Juara” berlangsung dari 9-20 September 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook