Tiga Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Abdya Ikuti Uji Mampu Baca Alquran

Peserta Pilkada Abdya 2024 mengikuti tes mampu baca Alquran. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Blangpidie – Tiga Bakal Pasangan cCalon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti uji mampu baca Alquran di Mesjid Agung Baitul Ghafur, Kamis (5/9/2024).

banner 72x960

Adapun ketiga Paslon bupati Abdya tersebut yaitu, Jufri Hasanuddin- M. Fakhruddin, dan Salman Alfarisi-Yusran, serta Safaruddin-Zaman Akli, Kamis, 5 September 2024.

Amatan media ini, ratusan tim pemenangan para Paslon bupati baik laki-laki maupun perempuan ikut menghadiri dan menyaksikan langsung pembacaan ayat suci Al-Quran.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KIP Abdya Deri Sudarma mengatakan, tes uji mampu baca Alquran sesuai dengan Keputusan KIP Aceh Nomor 21 Tahun 2021 Terkait Juknis UMBA yang mengatur beberapa hal.

Pada pelaksanaannya, lanjut Deri, bakal calon tiba di tempat pengujian sesuai dengan jadwal yang telah diterapkan oleh KIP kabupaten/kota.

“Untuk tes uji mampu baca Alquran di Abdya kita mulai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Alhamdulillah, tadi semua bakal paslon hadir mengikuti tes uji mampu baca Alquran, dan semua peserta selesai mengikuti tes,” sebut Deri.

Dalam pelaksanaannya, bakal calon mengikuti pengarahan dari Ketua Tim Penguji. Setelah itu mengambil nomor urut undian yang dipimpin oleh Ketua Tim Penguji.

“Bakal calon oleh Tim Penguji yang terdiri dari unsur MPU, Kemenag, dan LPTQ Abdya,” jelasnya.

Surat dan ayat Alqur’an yang akan dibaca oleh bakal calon, jelas Deri, ditentukan dan diundi pada saat pelaksanaan berlangsung oleh Tim Uji.

“Surat dan ayat yang akan diuji adalah Juz 1-15 sebanyak tiga ayat, kelompok Juz 16-29 sebanyak tiga ayat, dan kelompok Juz Amma sebanyak satu ayat,” jelas Deri.

Untuk penilaian, tambah Deri, dilakukan secara perorangan, terhadap masing-masing bakal calon maksimal 15 menit.

“Untuk aspek penilaian uji mampu baca Alqur’an meliputi Tajwid, Falsafah (kefasihan), dan adab. Untuk hasil tes uji mampu baca Alquran, nanti pukul 14.00 WIB diserahkan oleh Tim Penguji kepada kami (KIP),” tutupnya. (Robby Sugara)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook