Mahasiswa Kesos UIN Ar-Raniry Mengabdi di Desa Terpencil Sulawesi Selatan

Theacehpost.com | SULAWESI SELATAN –  Adlin Minosra, seorang mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) selama tiga hari, 20-22 Juli 2024 di Desa Erelembang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

banner 72x960

Desa Erelembang terletak di wilayah terpencil dataran rendah, berjarak lebih dari empat jam dari Kota Makassar, melalui perbukitan dan dataran tinggi. Akses jalan menuju desa ini cukup menantang dengan struktur jalan berbatu dan tanjakan, memberikan pengalaman menarik bagi para mahasiswa. Selain itu, akses jaringan internet yang terbatas dan tidak stabil juga menjadi kendala dalam berinteraksi di media sosial.

Jumlah penduduk Desa Erelembang terdiri dari 1.969 laki-laki dan 1.818 perempuan, dengan total 866 kepala keluarga (KK). Kegiatan PKM difokuskan di Dusun Malenteng, yang juga menjadi tempat tinggal mahasiswa selama kegiatan berlangsung. Fokus utama PKM adalah sekolah dasar yang ada di Desa Erelembang.

Mayoritas masyarakat di Desa Erelembang bekerja sebagai petani, dengan produk unggulan beras merah yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Selain itu, desa ini juga dikenal dengan produksi sayur-sayuran, cabai, tomat, dan kopi khas Malenteng.

Kegiatan PKM ini merupakan bagian dari Program Kerja Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai Jurusan Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Sosial dari berbagai kampus di Indonesia, termasuk UIN Ar-Raniry yang menjadi satu-satunya perwakilan dari Aceh.

Konsep PKM yang dilaksanakan oleh FORKOMKASI mencakup kegiatan mengajar di sekolah, social mapping, dan asesmen makro dengan menerapkan berbagai metode yang telah dipelajari di kampus masing-masing. Pelaksanaan sosial mapping yang beragam menjadi media untuk saling bertukar pikiran dan wawasan dari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama perkuliahan.

Praktikum makro yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat dan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia memberikan pengalaman praktik yang berkesan.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Prof Dr Kusmawati Hatta melalui Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr Sabirin MSi, menyatakan bahwa kegiatan ini penting dan sangat bermanfaat dalam membuka wawasan kebangsaan bagi mahasiswa.

“Semoga kegiatan semacam ini mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa, juga memperkuat jaringan nasional mereka,” ungkap Sabirin, Minggu, 21 Juli 2024.

PKM ini didukung penuh oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, Independen Pekerja Sosial Indonesia (IPSI), dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan. []

Komentar Facebook