Bangkitkan Semangat Seniman, Pemkab Aceh Barat Siap Sukseskan Festival Rapai Aceh 2024

Rakor persiapan pelaksanaan Festival Rapai Aceh 2024 di Aula Kantor Bupati Aceh Barat, Jumat (12/7/2024). [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Meulaboh – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat siap menyukseskan kegiatan Festival Rapai Aceh yang akan digelar selama tiga hari sejak tanggal 18-20 Juli 2024 di Lapangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

banner 72x960

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Aceh Barat, Abdurrani SPd MPd, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh instansi terkait serta dengan elemen masyarakat lainnya, di Aula Kantor Bupati Aceh Barat, Jumat (12/7/2024).

Abdurrani mengatakan, pihaknya menyambut dengan antusias dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Festival Rapai Aceh di Aceh Barat.

“Pada prinsipnya, kami sangat senang dengan hadirnya kegiatan seperti ini di Meulaboh, guna membangkitkan semangat para seniman dan penggiat rapai untuk lebih berkarya dan selalu setia dalam menjaga dan melestarikan khazanah budaya Aceh,” ujar Abdurrani.

Lebih lanjut, Kadisdikbud Aceh Barat itu mengatakan, dalam upaya untuk menstabilkan angka inflasi serta sebagai wujud dari kepedulian pelestarian budaya Aceh, kegiatan Festival Rapai Aceh dipandang menjadi poin penting dalam penyuksesan Aceh Barat sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada bulan September 2024 mendatang.

Dirinya juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Aceh, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh yang telah memberikan kesempatan kepada Aceh Barat untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Festival Rapai Aceh.

“Insyaallah kami akan berusaha semaksimal mungkin menyukseskan kegiatan ini,”pungkasnya

Untuk diketahui, selama rapat tersebut MBA Corporation selaku event organizer untuk acara Festival Rapai Aceh 2024 mempresentasikan enam rangkaian acara, yaitu lomba rapai geleng yang diikuti oleh peserta dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Barat dan Barat Selatan Aceh.

Kemudian pementasan kolosal rapai Aceh, lalu galeri rapai Aceh yang akan menjadi wahana interaktif bagi pengunjung untuk menambah pemahaman terhadap sejarah perkembangan rapai Aceh.

Selanjutnya ada bazar UMKM, anugerah penghargaan kepada pelaku seni rapai Aceh Barat, serta persembahan seni budaya islami dan etnik Aceh selama kegiatan Festival Rapai Aceh berlangsung. (Akhyar/Ziaul)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News

Komentar Facebook