28 Peserta KSM Aceh Besar Lolos ke Tingkat Provinsi

Kakankemenag Aceh Besar, Saifuddin, saat meninjau pelaksanaan KSM beberapa waktu lalu. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Jantho – Sebanyak 28 peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2024 tingkat Kabupaten Aceh Besar dinyatakan lolos untuk mengikuti KSM tingkat provinsi yang akan berlangsung pada tanggal 5-6 Agustus 2024 mendatang.

banner 72x960

Peserta yang menang pada tingkat provinsi nantinya akan mewakili Aceh pada KSM tingkat nasional yang berlangsung pada 3-8 September 2024.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Besar, Saifuddin mengatakan, KSM tingkat Aceh Besar sebelumnya digelar pada tanggal 1-3 Juli 2024 di tiga lokasi masing-masing MTsN 2 Aceh Besar, MTsN 3 Aceh Besar dan MAN 1 Aceh Besar. Hasilnya itu sudah diumumkan pada tanggal 5 Juli 2024 kemarin melalui akun masing-masing peserta.

“Alhamdulillah pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten Aceh Besar berlangsung sukses dan sebanyak 28 peserta dinyatakan lolos untuk mengikuti KSM tingkat provinsi. Kami menyampaikan selamat dan semoga mampu meraih hasil yang maksimal di tingkat provinsi nantinya,” ujar Saifuddin, Aceh Besar, Minggu (7/7/2024).

Saifuddin meminta kepada seluruh peserta yang sudah dinyatakan lolos ke babak berikutnya untuk belajar lebih sungguh-sungguh sehingga mampu mengharumkan nama baik Aceh Besar nantinya dan bisa mewakili Aceh pada KSM tingkat nasional.

“Kami harapkan kepada pihak madrasah atau sekolah agar siswa yang sudah dinyatakan lolos ke tingkat provinsi untuk ditingkatkan pembinaannya karena persaingan di tingkat provinsi tentu lebih keras lagi dan itu butuh persiapan lebih matang baik dari segi pengetahuan dan juga mental siswa,” ujar Saifuddin.

Pada kesempatan yang sama, Saifuddin menyebutkan bahwa KSM tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun ini juga memunculkan kejutan besar, khususnya pada KSM jenjang MI/SD, dimana peserta yang lolos berasal dari sejumlah madrasah yang sebelumnya tidak diunggulkan.

“Ini menunjukkan siswa berprestasi di tingkat MI di Aceh Besar mulai merata tidak lagi didominasi oleh satu atau dua madrasah saja, dan ini menjadi harapan kita bersama bagaimana semua madrasah di Aceh Besar harus unggul dan melahirkan siswa-siswi yang berprestasi,” tambahnya. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News

Komentar Facebook