Disbudpar Aceh Latih Praktisi Event Organizer, Tingkatkan Kompetensi untuk Dorong Inovasi Industri Event

Disbudpar Aceh mengadakan pelatihan event organizer di Amel Hotel & Convention Hall Banda Aceh, Selasa (25/6/2024). [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh pertama kalinya mengadakan pelatihan event organizer untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan event di Aceh. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan profesional di bidang event.

banner 72x960

Pelatihan dengan tajuk ‘standarisasi dalam merencanakan dan menyelenggarakan event’ itu dilaksanakan di Amel Hotel & Convention Hall Banda Aceh, Selasa (25/6/2024).

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk menekankan pentingnya standarisasi dalam perencanaan event di Aceh. Aspek kunci seperti logistik, keamanan, promosi dan koordinasi akan dibahas untuk mendorong kreativitas sambil tetap mematuhi standarisasi.

“Pelatihan ini diisi oleh para ahli dalam event-event besar, termasuk praktisi nasional Azi Danang, Perwakilan dari Polda Aceh, Perwakilan dari Kejati Aceh dan MPU Aceh. Narasumber dari MaTA, BPKP, Inspektorat serta dari Disbudpar Aceh membahas soal perencanaan, tata kelola anggaran, realisasi, dampak event, hingga teknis procurement,” ujar Almuniza Kamal.

Almuniza mengatakan, pelatihan event ini diinisiasi oleh Backstager Aceh. Selain itu para praktisi event berpengalaman dari Asosiasi Event seperti Backstagers, ASPERAPI IECA, INCCA, dan IVENDO juga terlibat dan akan membahas pola pelaporan dan format kegiatan event.

Sekitar 70 peserta dari berbagai departemen dan lembaga pemerintah di Aceh, termasuk Biro Administrasi Pimpinan Pemerintah Aceh, Disbudpar, Polda Provinsi Aceh, dan BPKP Provinsi Aceh, hadir untuk memastikan diskusi dan jaringan yang kaya.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini akan belajar tentang tipe-tipe event, teknik presentasi, pemasaran, komunikasi dan perencanaan keuangan dengan fokus pada dampak ekonomi dan sosial,” ungkapnya.

Almuniza berharap agar pelatihan ini bisa menjadikan wahana pelatihan ini untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, sehingga kompetensi dan inovasi serta standarisasi dalam industri event di Aceh semakin berkembang.

“Pelatihan ini akan secara signifikan meningkatkan kompetensi dan mendorong inovasi dan standarisasi dalam industri event,” demikian kata Almuniza. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News

Komentar Facebook