Sabang, Banda Aceh dan Lhokseumawe Masuk 10 Kota Paling Intoleran di Indonesia

waktu baca 1 menit
Gambar ilustrasi. (Foto: Aceh Satu)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Tiga kota di Provinsi Aceh masuk dalam daftar 10 kota paling intoleran di Indonesia versi Setara Institut 2022. Ketiga kota itu yakni, Sabang, Banda Aceh, dan Lhokseumawe.

Jika di runut, Sabang menduduki posisi 4 paling bawah dengan skor 4,257, disusul Banda Aceh yang berada di posisi 6 terendah dengan skor 4,393. Sementara Kota Lhokseumawe berada pada posisi 9 dengan skor 4,493.

Hasil studi ini dilakukan Setara Institute untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi di Indonesia.

Ada 94 kota di Indonesia yang menjadi objek kajian Setara Institute, seperti dikutip Theacehpost.com, dari Twitter Setara Institut, Senin 10 April 2023.

Sejumlah pembobotan menjadi tolak ukur studi seperti regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio-keagamaan.

banner 72x960

Kombinasi pembobotan tersebut menghasilkan persentase akhir pengkuran seperti rencana pembangunan, kebijakan diskriminatif, peristiwa intoleransi, hingga tindakan dari pemerintah kota.

Scoring dalam studi menggunakan skala hipotesis dengan rentang nilai 1-7 yang menggambarkan rentang gradatif dari kualitas buruk ke baik.

Artinya, 1 merupakan score untuk situasi paling buruk pada masing-masing indikator, sedangkan 7 adalah score untuk situasi paling baik pada masing-masing indikator untuk mewujudkan kota toleran.

Berikut Daftar Kota Paling Tidak Toleran di Indonesia

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *