PT Solusi Bangun Andalas dan BPBD Aceh Besar Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

waktu baca 3 menit
Peserta simulasi gempa dan tsunami mengevakuasi korban bencana di SMAN 1 Lhoknga, Aceh Besar (atas) dan foto bawah Caretaker General Manager SBA, Anwar Bakti meneken Komitmen Bersama Sekolah dan Lintas Sektoral Mendukung Terbentuknya Satuan Pendidikan Aman Bencana SMNA 1 Lhoknga, di Lhoknga, Aceh Besar, Selasa, 18 Oktober 2022. (Dok SBA)

Theacehpost.com | ACEH BESAR – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar dan BPBA menggelar pelatihan siaga bencana, simulasi gempa dan tsunami dan apel siaga bencana.

Pelatihan siaga bencana melibatkan 40 siswa dan guru SMAN 1 Lhoknga berlangsung 3 – 4 Oktober 2022 lalu. Sedangkan simulasi bencana gempa dan tsunami diikuti 260 peserta yang dirangkai apel siaga bencana di Lapangan Carlos Lhoknga, 18 Oktober 2022.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri seluruh stakeholder terkait di antaranya Sekda Aceh Besar, Caretaker General Manager SBA dan tim, pejabat BPBA, BPBD Aceh Besar, Polres Aceh Besar, Polsek Lhoknga, Kodim 0101/Abes, Koramil Lhoknga, Kikav 11/WSC Lhoknga, Damkar Aceh Besar, Satpol PP & WH, Tagana Dinsos Aceh Besar, RAPI Aceh Besar, Basarnas, PMI Aceh Besar, PSC 119 Aceh Besar, Damkar Kota Banda Aceh, warga sekolah SMAN 1 Lhoknga, Relawan Destana Lamkruet, Relawan Destana Mon Ikeun, dan masyarakat.

Dalam amanatnya, Sekda Aceh Besar, Drs. Sulaimi, M.Si mengatakan, apel siaga bencana merupakan bentuk kesiapan Pemerintah Daerah dalam menghadapi kejadian bencana alam dan sekaligus untuk menyiapkan personel dan seluruh sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanggulangan bersama.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih seluruh personel dan masyarakat dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapanpun,” ujarnya.

banner 72x960

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya penting dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Kolaborasi antara BPBD dan SBA serta seluruh stakeholder yang terlibat hari ini sangat baik. Kita lakukan simulasi gempa dan tsunami serta evakuasi mandiri yang bertujuan untuk menguji kesiapan, kewaspadaan serta melatih seluruh petugas agar mampu mengaplikasikan fungsi masing-masing bilamana menghadapi bencana serta menguji protap/SOP (rencana kontijensi yang telah disusun),” kata pria yang akrab disapa RJ tersebut.

“Kami sangat senang dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan BPBD, BPBA dan seluruh stakeholder terkait dalam upaya meningkatkan kemampuan mitigasi bencana. Hal ini sejalan dengan dua pilar CSR yang kami jalankan yaitu SBA Cerdas dan SBA Peduli di mana perusahaan akan terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mendukung kearifan local,” ujar Caretaker General Manager SBA, Anwar Bakti.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMAN 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi, S.Si, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada SBA, BPBA, BPBD Aceh Besar, warga sekolah SMAN 1 Lhoknga serta seluruh stakeholder lainnya yang telah mendukung kegiatan ini.

“Ilmu yang telah kami dapatkan ini sangat bermanfaat dan mengedukasi seluruh warga sekolah untuk tanggap terhadap bencana serta memahami tindakan yang harus dilakukan saat bencana terjadi sehingga akan terbentuk budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko di sekolah,” kata Eka.[]

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *