Selamat! Zaqhlul, Santri Multitalenta Darul Ihsan Lulus Beasiswa Kemenag RI

Alumni Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Zaqhlul Ammar (kanan) bersama gurunya, Ustaz Doni Gunawan. (Foto: Dok. Dayah Darul Ihsan)

Theacehpost.com | ACEH BESAR – Alumni Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Zaqhlul Ammar, bikin bangga kedua orang tuanya. Pasalnya, ia dinyatakan lulus program beasiswa santri berprestasi (PBSB) yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

banner 72x960

Kabat baik itu disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Darul Ihsan, Ustaz Ataillah SAg, dalam keterangan tertulis kepada Theacehpost.com, Jumat, 10 Juni 2022.

“Zaqhlul Ammar adalah alumni tahun 2020 angkatan ke- XV. Ia lulus pada PBSB Kemenag RI di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, jurusan bahasa dan sastra Arab,” kata Ustaz Ataillah.

Guru pendampingnya, Putri Rizkiah ST SPd MPd menambahkan, pengumuman kelulusan hasil seleksi itu telah diunggah di laman Kemenag RI pada 8 Juni 2022.

Kata Putri, anak dari pasangan Zulkifli (50), profesi petani/nelayan dan Nurjani (51) IRT ini, merupakan santri berbakat. Selama ia menjalani pendidikan di Dayah Darul Ihsan, banyak capaian prestasi diraihnya.

“Zaqhlul ini pernah lebih 4 kali juara umum berturut-turut di Dayah Darul Ihsan dan mendapat pujian dari semua bidang studi,” ungkap Putri.

Tak hanya mendulang prestasi di tingkat lokal, lanjut Putri, Zaqhlul juga khatam Alquran 30 juz pada program tahfiz Kuntum Indonesia tahun 2021. Torehan itu diraihnya usai khatam program hafalan regular 4 juz di dayah.

Pada bidang kaligrafi, remaja dari Gampong Lambiheu Siem, Darussalam, Aceh Besar, itu pernah menyabet juara pertama musabaqah khattil Quran cabang hiasan mushaf di ajang Musabaqah Tunas Ramadhan Aceh 2022.

“Begitu juga pelajaran dayah, Zaqhlul mendapat nilai di atas rata-rata, bahkan dia bisa mengajar adik-adik kelasnya,” ungkap gurunya di bidang kaligrafi, Ustaz Doni Gunawan SKom MT.

Ketua Yayasan Darul Ihsan, Tgk H Musannif Sanusi, menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai Zaqhlul. Ia menilai, Zaqhlul tergolong santri multitalenta.

“Tidak mudah apa yang sudah anak kami (Zaqhlul) raih. Biasanya, kalau sudah (mahir) tahfiz, di bahasa kurang. Tapi, ini (Zaqhlul) bahasa bagus, juara debat lagi. Kaligrafi pun dapat juara 1 di tingkat provinsi,” ujar Musannif.

Meskipun demikian, kata dia, semua capaian itu tidak lepas berkat kerja keras dari orang-orang di sekeliling Zaqhlul.

“Prestasi-prestasi yang diraih Zaqhlul ini tak lepas berkat kerja keras dari orang tua, guru dan pengurus Darul Ihsan dalam menjalankan roda pendidikan, sehingga bisa lulus beasiswa di perguruan tinggi ternama bersama 25 alumni dayah-dayah lain di Aceh,” pungkasnya.

Berikut sejumlah prestasi Zaqhlul Ammar:

1. Juara 3 Musabaqah Khattil Quran, Dismenpora 2017
2. Juara 2 Musabaqah Khattil Quran cabang hiasan mushaf, Darul Ulum Exhibition 2017
3. Juara 1 kaligrafi putra tingkat provinsi Aceh, One Day With Muslimah, IKAT 2017
4. Juara 1 kaligrafi putra cabang kontemporer, Porseni Aceh Besar 2017
5. Juara 3 Musabaqah Khattil Quran cabang hiasan mushaf, MTQ Aceh Besar 2018
6. Juara 2 Musabaqah Khattil Quran se-Aceh, SALEUM MAN Model 2018
7. Juara 1 Debat Bahasa Arab, RIAB FAIR VI se-Aceh 2018
8. Juara 1 kaligrafi putra cabang hiasan mushaf, Darul Ulum Exhibition se-Aceh 2018
9. Juara 1 kaligrafi putra cabang hiasan mushaf, MUQAS se-Aceh 2019
10. Juara 2 kaligrafi putra cabang hiasan mushaf, Musabaqah Tunas Ramadhan se-Aceh 2021
11. Juara 1 Musabaqah Khattil Quran cabang hiasan mushaf, Musabaqah Tunas Ramadhan Aceh 2022. []

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *