28 Ramadhan Gubernur Aceh Serahkan Donasi untuk Palestina

waktu baca 3 menit
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT akan menyerahkan donasi untuk Palestina, Senin, 10 Mei 2021/ 28 Ramadhan 1442 H. Donasi berupa uang tunai hasil penggalangan dari ASN dan Tenaga Kontrak di jajaran Pemerintah Aceh tersebut berjumlah Rp 363.363.500.

Kepastian Gubernur Aceh akan menyerahkan bantuan untuk Palestina tersebut diterima Theacehpost.com dari Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP.

“Saya sudah laporkan ke Pak Gubernur tentang update penggalangan bantuan untuk Palestina. Jumlah uang yang masuk ke Rekening Forum PRB Aceh hingga Sabtu, 8 Mei 2021 pukul 18.00 WIB sebesar Rp 363.363.500 atau terjadi penambahan Rp 38.880.500 dari sehari sebelumnya,” kata Abi Ilyas.

Menurut Kalak BPBA, uang tersebut akan diserahkan oleh Gubernur Aceh pada Senin siang, 10 Mei 2021/28 Ramadhan 1442 H melalui Ketua Umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Wilayah Aceh, Afrial Hidayat.

“Berdasarkan koordinasi saya dengan protokol gubernur, penyerahan bantuan akan berlangsung pukul 12.00 WIB, Senin 10 Mei 2021 di Pendopo Gubernur,” ujar Kalak BPBA.

banner 72x960

Seperti diketahui, pada Selasa, 27 April 2021, Ulama Palestina, Syeikh Nasheef Nasher bersilaturahmi dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Pertemuan berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh di Banda Aceh.

Dalam pertemuan itu, Syeikh Nasheef didampingi Ketua Umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Wilayah Aceh, Afrial Hidayat menjelaskan kondisi terkini Palestina yang semakin tertekan di segala bidang.

Menanggapi kondisi rakyat Palestina yang dilaporkan Syeikh Nasheef, secara tegas Gubernur Nova Iriansyah menyatakan jangan pernah ragu dengan dukungan rakyat Indonesia terhadap rakyat Palestina, apalagi masyarakat Aceh. “Kami sangat mendukung bebasnya Palestina dari cengkeraman Israel,” tandas Nova.

Gubernur Aceh menjelaskan, bentuk dukungan Indonesia bagi Palestina bukan semata karena kesamaan agama dan keyakinan. Namun dari kacamata kemanusiaan, apa yang dipraktikkan zionis Israel sangat melanggar nilai-nilai kemanusiaan.

Galang Dana

Tindaklanjut pertemuan dengan Syeikh Nasheef, Gubernur Aceh mengirim surat kepada para Kepala SKPA dan para Kepala Biro Setda Aceh Nomor 451/8572 Tanggal 30 April 2021/18 Ramadhan 1442 Perihal Penggalangan Dana untuk Palestina. Surat itu ditembuskan kepada Wali Nanggroe Aceh, DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati, dan Bupati/Wali Kota se-Aceh.

Dalam surat itu, Gubernur Aceh menggambarkan keadaan Palestina akhir-akhir ini yang sangat memprihatinkan sebagaimana disampaikan oleh Syeikh Nasheef Nasher kepadanya. Maka, sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian sesama umat Islam—terlebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah—Pemerintah Aceh mengajak semua ASN dan Tenaga Kontrak agar menyumbang dana secara sukarela/seikhlasnya.

Dana yang terkumpul di masing-masing SKPA/Biro diserahkan/ditransfer ke Rekening Forum PRB Aceh (di bawah koordinasi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP didampingi Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, Nasir Nurdin mengatakan, dana yang masuk ke Rekening Forum PRB Aceh selama dua hari masa penggalangan, yaitu 6-7 Mei 2021 mencapai Rp 324.483.500.

Namun, berdasarkan update pada 8 Mei 2021, dana yang terkumpul menjadi Rp 363.363.500. Dana tersebut akan ditarik seluruhnya untuk diserahkan oleh Kalak BPBA bersama Ketua Forum PRB Aceh ke Gubernur yang selanjutnya Gubernur menyerahkan melalui KNRP Wilayah Aceh untuk membantu rakyat Palestina.[]

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *