World Cleanup Day, 48 Komunitas Bersihkan Kota Kualasimpang

  • Bagikan
Relawan kebersihan di Kabupatem Aceh Tamiang memperingati World Clean Up dengan melakukan aksi bersih-bersih sampah. (Foto: Saiful Alam/Theacehpost.com).

Theacehpost.com | ACEH TAMIANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Tamiang, memperingati World Cleanup Day dengan melakukan aksi membersihkan dan memilah sampah di Kota Kualasimpang dan sekitarnya, Selasa, 21 September 2021.

Aksi ini diikuti oleh sejumlah relawan yang tergabung dari pelbagai komunitas. Para relawan membersihkan lingkungan seputaran Kota Kualasimpang.

Dengan membawa kantong kresek para relawan melakukan penyisiran dan pemungutan sampah sepanjang jalan dan kawasan yang telah ditentukan. Hasil pemungutan sampah itu kemudian dipilah dan disetorkan ke bank sampah.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tamiang, Adi Darma mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari budaya Indonesia yaitu gotong royong.

“Aksi ini menjadi peringatan bagi kita, bahwa bergotong-royong bukan hanya dilakukan hari ini, melainkan menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Semoga dalam pelaksanaan kegiatan ini, para relawan tetap menjaga Prokes,” ujar Adi.

Kepala DLH Aceh Tamiang, Surya Luthfi, mengungkapkan, kegiatan ini diperingati oleh seluruh dunia. Diikuti 187 negara dan Indonesia turut memperingatinya di 34 provinsi.

“Di Kabupaten Aceh Tamiang sendiri terdapat 48 komunitas yang ikut berpartisipasi, di mana atas kesadaran diri mereka bersedia menjadi relawan aksi clean up.  Tentunya dalam giat ini, saya harap para relawan dapat menjaga keamanan diri,” pintanya.

Surya juga menambahkan, aksi tersebut merupakan implementasi dari  Surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI perihal dukungan pelaksanaan kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2021.

Pada kesempatan itu, Kapolres, AKBP Imam Asfali dan Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, juga memberikan apresiasi atas aksi ini.

Mereka kompak menyuarakan bahwa menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Kebersihan sebagian dari iman, para relawan sebagai generasi milenial selain menjadi relawan kebersihan diharapkan juga bisa menjadi motivator untuk vaksinasi bagi generasi muda,” ucap Dandim.

“Saya mengimbau agar semuanya sudah tervaksin, sebagai generasi penerus agar tetap menjaga kesehatan, sehingga kegiatan gotong royong ini dapat terjaga dan aman,” kata Kapolres menambahkan. []

  • Bagikan
#