‘Veteran’ Serambi Ta’ziah ke Rumah Almarhum Ampuh Devayan

  • Bagikan
Mantan wartawan/karyawan Serambi Indonesia bersilaturahmi sekaligus ta’ziah ke kediaman almarhum H. Ampuh Devayan, di Gampong Doy, Ulee Kareng, Banda Aceh, Jumat sore, 26 Maret 2021. (Theacehpost.com)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Satu perkumpulan yang berhimpun dalam wadah “Old Legion Serambi”—yang merupakan mantan pekerja di PT. Aceh Media Grafika/Harian Serambi Indonesia—melaksanakan ta’ziah ke rumah almarhum H. Ampuh Devayan bin Tgk. Bujang yang meninggal dunia pada 23 Maret 2021.

Ampuh Devayan merupakan salah seorang mantan wartawan Harian Serambi Indonesia yang harus berhenti dari pekerjaannya akibat didera sakit sejak 19 tahun lalu.

Ta’ziah para ‘vetaran’ Serambi ke kediaman almarhum Ampuh Devayan di Jalan Tgk. Adee V, Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh dilaksanakan Jumat sore, 26 Maret 2021.

‘Old Legion Serambi’ dengan anggotanya yang kini tersebar di berbagai penjuru negeri dan dengan berbagai aktivitas, selain aktif bersilaturahmi secara langsung juga secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.

Hingga saat ini, jamaah WhatsApp Grup (WAG) ‘Old Legion Serambi’ sudah mencapai 62 orang dan dipastikan akan terus bertambah seiring selesainya pengabdian di PT. Aceh Media Grafika/Serambi Indonesia.

Pengumuman ta’ziah ke kediaman almarhum H. Ampuh Devayan terpantau diposting ke WAG ‘Old Legion Serambi’ sejak tiga hari lalu.

Kesepakatan melaksanakan ta’ziah pada Jumat sore, 26 Maret 2021 sekaligus merespons ajakan bergabung dengan Akmal Ibrahim, Bupati Abdya yang juga salah seorang mantan wartawan/pimpinan Harian Serambi Indonesia.

Hingga ba’da Jumat, belasan anggota mencatatkan diri untuk hadir. Beberapa di antaranya yang berada di luar provinsi atau karena berbagai halangan lainnya, untuk sementara hanya bisa mengirim salam dan doa untuk almarhum.

Tausiah Nasir Jamil

Rangkaian acara di kediaman almarhum H. Ampuh Devayan diawali pengantar oleh Tgk. H. Ameer Hamzah dilanjutkan dengan memimpin samadiyah oleh Tgk. Aidi Kamal.

Setelah pembacaan doa yang dipimpin oleh Tgk. Ameer Hamzah, selanjutnya H. Muhammad Nasir Djamil, anggota DPR RI yang juga mantan wartawan Harian Serambi Indonesia didaulat menyampaikan tausiah.

Dalam tausiahnya, anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera yang duduk di Komisi III membidangi Hukum, HAM, dan Keamanan menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya H. Ampuh Devayan.

“Kami pernah bersama-sama di Harian Serambi Indonesia, banyak kenangan suka dan duka ketika kami bersama. InsyaAllah beliau husnul khatimah dan ditempatkan di taman surga,” kata Nasir menyiratkan keharuan.

Nasir berharap pihak keluarga tabah dan tawakkal menghadapi cobaan. “Kita semua pasti akan menyusul, karena kematian adalah sesuatu yang pasti,” ujar Nasir Djamil.

Nasir juga berharap kehadiran sahabat almarhum bisa menghibur keluarga yang sedang berduka. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” tandas Nasir Djamil.

Rangkaian acara ta’ziah diakhiri sambutan pihak keluarga diwakili putra sulung almarhum H. Ampuh Devayan, Ade Udan Rizki.

Baca juga: Ampuh Devayan, Mantan Wartawan Serambi Indonesia Meninggal

Seperti diketahui, Ampuh Devayan bin Teuku Bujang, mantan wartawan Serambi Indonesia meninggal dunia, Selasa, 23 Maret 2021 di RSUZA Banda Aceh.

Putra Aceh kelahiran Simeulue, 19 Juni 1961 tersebut mengembuskan napas terakhir di Ruang Aqsa 1 RSUZA Banda Aceh pukul 17.30 WIB.

Almarhum H. Ampuh Devayan meninggalkan istri, Hj. Syamsiah beserta dua putra dan satu putri.

Jenazah almarhum dikebumikan di perkuburan umum Gampong Doy, Ulee Kareng, Banda Aceh, Rabu 24 Maret 2021.

Penglepasan jenazah dari kediaman almarhum dipimpin Tgk. Ameer Hamzah, salah seorang kerabat yang juga sama-sama pernah mengabdi di Serambi Indonesia.

Shalat jenazah dilaksanakan di Masjid Sabilil Jannah Gampong Doy diikuti ratusan jamaah diimami Imum Gampong Doy, Tgk. H. Hafizi Latief.

“Atas nama keluarga besar almarhum H. Ampuh Devayan, kami memohon maaf atas berbagai kesalahan baik yang disengaja maupun tidak yang dilakukan orang tua kami semasa beliau hidup. Mohon doa semoga arwah almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ujar putra sulung almarhum, Ade Udan Rizki. []

  • Bagikan