Untaian Doa 10 Terakhir Bulan Ramadhan

Theacehpost.com | RELIGI – Memasuki sepuluh akhir Ramadhan, banyak amalan dan keutamaan Ramadhan yang yang harus dijalankan salah satunya adalah doa.

Berikut ini untaian doa-doa 10 terakhir Ramadhan yang di rangkum theacehpost.com dari berbagai sumber.

1.] Do’a Meminta Panjang Umur dan Banyak Harta Berkah.

«.اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالِيْ وَوَلَدِيْ، وَبَارِكْ لِيْ فِيمَا أَعْطَيْتَنِيْ، وَأَطِلْ حَيَاتِيْ عَلَى طَاعَتِكَ، وَأَحْسِنْ عَمَلِيْ وَاغْفِرْ لِيْ.»

Artinya: “Yaa Allaah perbanyaklah harta & anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketha‘atan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”
(HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

2.] Do’a Memohon Kemudahan.

«.اللَّهُمَّ لاَسَهلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً.»

Artinya: “Yaa Allaah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
(HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3: 255)

3.] Do’a Agar Terlepas dari Sulitnya Utang.

«.اللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِمِ وَالْمَغْرَمِ.»

Artinya: “Yaa Allaah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang.”
(HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5)

4.] Do’a Agar Lepas dari Utang Sepenuh Gunung.

«.اللَّهُمَّ اكْفِنِىْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِىْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.»

Artinya: “Yaa Allaah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”
(HR. Tirmidzi no. 3563)

5.] Do’a Dipermudah Urusan Dunia dan Akhirat.

«.اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِى هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَأَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِى فِيْهَا مَعَاشِىْ وَأَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِى الَّتِى فِيهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ اْلحَيَاةَ زِيَادَةً لِىْ فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ اْلمَوْتَ رَاحَةً لِىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ.»

Artinya: “Yaa Allaah, perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah -yaa Allaah- kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan.” (HR. Muslim no. 2720).[]

 

google logo