Tingkatkan Kreatifitas, Disbudpar Aceh Gelar Pelatihan Seni Rupa

Penampilan tarian pada acara pembukaan pelatihan seni rupa yang digelar Disbudpar Aceh yang dilaksanakan 1-3 November 2022 di Hotel Rasamala, Banda Aceh, Selasa, 1 November 2022.

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar pelatihan seni rupa. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 1-3 November 2022 di Hotel Rasamala, Banda Aceh.

Pelatihan yang mengangkat ‘Eksplorasi Identitas dalam Pembentukan Karakter Karya Seni lukis Aceh’ itu dibuka oleh Kasi Pengembangan SDM dan Lembaga Kesenian Disbudpar Aceh, Syahrul Arbi SP MM.

Kegiatan itu diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah. Mereka adalah pelajar, mahasiswa, hingga pegiat seni atau anggota sanggar lukis.

Para peserta diberi materi seperti Materi Dasar Seni Rupa Lukis, Seni Lukis Identitas Aceh dan Perkembangan Seni Kreatif, Teknik, Bahan dan Aliran dalam Lukisan, hingga penulisan deskripsi karya.

Pelatihan itu dilaksanakan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan kapasitas, ide, dan kreatifitas para pelaku seni. Sehingga diharapkan ke depan akan semakin banyak para pelaku seni dengan karya-karyanya, khususnya lukis.

Kabid Seni dan Bahasa Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengatakan, Disbudpar Aceh kembali menyelenggarakan pelatihan kesenian cabang seni rupa dengan tujuan untuk mengangkat kembali dan melakukan penguatan identitas Aceh melalui karya seni rupa. Langkah itu sebagai bentuk pelestarian aktivitas seni budaya yang ada di Aceh.

Target lainnya, kata Nurlaila, untuk mengeksplore berbagai kekayaan seni melalui kreatifitas perupa. Supaya dapat diterjemahkan kedalam karya yang pada akhirnya dapat menunjang perekonomian insan seni itu sendiri.

“Jadi ada dua sisi yang menjadi tujuan pelatihan yaitu menjaga dan melestarikan seni serta melakukan pengembangan terhadap seni itu sendiri,” tutup Nurlaila. []