Sudah Tiba di UEA, Penandatanganan MoU dengan Murban Energy Ditunda

  • Bagikan
Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA. (Foto: Humas Setda Aceh)

Theacehpost.com | BANDA ACEH –  Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) terkait rencana kelanjutan investasi perusahaan Uni Emirat Arab (UEA), Murban Energy Ltd di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, ditunda.

Padahal, delegasi Indonesia yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sudah tiba Abu Dhabi, UEA.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, menjelaskan tersebut karena pihak Murban Energy masih melakukan kajian dan analisis terhadap draft MoU yang telah dikirim sebelumnya.

“Secara tentatif jadwal penandatangan telah disiapkan pada 2 November 2021, namun sampai waktu tersebut pihak KBRI belum mendapatkan respons kepastian dari pihak Murban Energy,” kata MTA dalam keterangan tertulis, 6 November 2021.

Kendati demikian, pemerintah memberikan keleluasan kepada Murban Energy untuk melakukan kajian dan analisis terhadap rencana investasi tersebut.

Pemerintah menilai, investor Murban Energy masih membutuhkan waktu tambahan karena menyangkut investasi besar.

“Pergeseran waktu dalam mewujudkan MoU investasi berskala besar merupakan sesuatu yang wajar dan kita sangat menghormati kebijakan pihak Murban Energy ini. Mungkin (Murban Energy) saat ini masih membutuhkan waktu tambahan dalam persiapan mewujudkan cita-cita rencana investasi di Indonesia, dalam hal ini di Pulau Banyak,” ujarnya.

Dalam pertemuan Gubernur Aceh dengan Presiden pada 4 November 2021 di Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, MTA menyampaikan bahwa Presiden berjanji akan serius mendorong rencana MoU ini dengan Murban Energy.

MTA juga menuturkan, meskipun penandatangan MoU ditunda, delegasi Indonesia secara aktif turut mempromosikan potensi-potensi investasi lain kepada UEA pada ajang Expo 2021 Dubai.

“Sebagai bagian dari delegasi Indonesia, Gubernur Aceh bersama tim telah memberikan peran terbaik dalam mewujudkan cita-cita investasi Indonesia yang baik di masa depan. Semoga ke depan dunia investasi Indonesia semakin sehat dan maju, dan mensejahterakan bagi segenap masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Aceh,” pintanya.

Baca juga: Gubernur Aceh Hadiri Dua Agenda Besar di Uni Emirat Arab

Memenuhi Undangan

Surat undangan Duta Besar RI di Abu Dhabi, UEA, Husin Bagus kepada Gubernur Aceh. (Foto: Dok. MTA)

MTA menjelaskan, MoU tersebut merupakan rencana bersama Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat. Penyiapan draft MoU sudah dibahas lintas kementerian dibawah inisiatif Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI.

“Setelah draft MoU selesai, kita kirimkan ke pihak Murban Energy melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi, karena memang pihak Murban Energy meminta seperti itu,” ungkap MTA.

Agenda penandatanganan MoU sudah dijadwalkan secara bersama dan masuk dalam agenda KBRI terkait kunjungan Presiden Jokowi.

Pada 29 Sepetember 2021, Duta Besar RI di Abu Dhabi, Husin Bagis mengundang Gubernur Aceh bersama tim secara resmi untuk ke Abu Dhabi dan Dubai mulai 1-5 November 2021. []

Baca juga: Usai Tengok Pulau Zaya Nurai di Abu Dhabi, Nova Langsung Kaitkan dengan Pulau Banyak

  • Bagikan
#