Soal Kebijakan Harga TBS Sawit Petani, Ini Kata Manajemen PKS Tanjung Seumantoh

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Tanjung Seumantoh PTPN I di Aceh Tamiang. (Foto: (Saiful Alam/Theacehpost.com)

Theacehpost.com | ACEH TAMIANG – Manajemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Tanjung Seumantoh PTPN I Aceh mengaku telah menerapkan kebijakan pemerintah terkait harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani di atas Rp 2.000/kg.

Asisten Tata Usaha dan Personalia PKS Tanjung Seumantoh PTPN I Aceh, Sartim menyebut, pihaknya telah menerapkan intruksi pemerintah dengan tetap menyesuaikan harga pembelian sawit petani dengan rendemen atau kualitasnya.

“Seluruh pabrik kelapa sawit di bawah PTPN I Aceh rata-rata kualitas rendemen sawit petani berkisar di angka 17,4 ℅ dengan harga pembelian mencapai Rp 1.800/kg. Harga pembelian ini akan meningkat jika kualitas sawit petani bisa terus meningkat,” kata Sartim, Selasa, 9 Agustus 2022.

Setiap hari, PKS Tanjung Seumantoh membeli sedikitnya 100 ton TBS kelapa sawit guna mencukupi kebutuhan pengolahan sebanyak 600-700 ton per hari.

“Seluruh PKS yang ada di PTPN I Aceh telah menerapkan instruksi pemerintah, yakni dengan membeli sawit petani dengan harga Rp 2.000, namun tetap disesuaikan dengan kualitas sawitnya,” pungkasnya. []

google logo