Setahun Terhenti, Bandara Cut Nyak Dhien di Nagan Mulai Aktif Lagi

  • Bagikan
Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham bersama Ketua DPRK, Jonniadi melakukan pemotongan pita menandai penerbangan Bandara Cut Nyak Dhien yang kembali diaktifkan. [Dok. Humas]

Theacehpost.com | NAGAN RAYA – Setahun lebih tanpa jadwal penerbangan, Bandara Cut Nyak Dhien (CND) di Nagan Raya kembali beroperasi mulai Rabu kemarin, 24 November 2021.

Semula, penutupan bandara tersebut disebabkan kondisi pandemi Covid-19.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham bersama Ketua DPRK, Jonniadi melakukan pemotongan pita menandai penerbangan yang kembali diaktifkan.

Pantauan Theacehpost.com, acara itu turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Kepala Dinas Perhubungan dan otoritas bandara setempat. Penerbangan perdana dijalankan maskapai Wings Air ATR 72-600, disambut antusias masyarakat.

Bupati Jamin Idham mengaku sangat bersyukur atas beroperasinya bandara ini. Ia mengimbau seluruh masyarakat di Nagan Raya ikut mendukung kelancaran operasional bandara.

“Saya mohon terutama perusahaan yang ada di Kabupaten Nagan Raya seperti, perusahaan batu bara, PLTU agar bisa ikut berpartisipasi untuk mendukung kelancaran transportasi udara, demi kemajuan daerah kita,” ungkap Jamin.

Sebelumnya, Kepala Bandara CND Nagan Raya, Sarmin menceritakan sejarah bandara tersebut yang menurutnya salah satu yang terbaik yang ada di Aceh.

Bandara CND memiliki ukuran landasan pacu 2.400 x 23 m meter menjadi 7920 x 85 meter (25984 ft × 279 ft) bulan Agustus 2014. Nama bandara ini diambil dari nama Cut Nyak Dhien, pahlawan perempuan nasional Indonesia dari Aceh.

“Sejak Agustus 2014, Bandara ini diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN yang membidangi pengelolaan beberapa bandara di wilayah barat Indonesia, yaitu PT Angkasa Pura II (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya,” ujar  Sarmin.

Untuk penerbangan perdana, Pesawat Wings Air ATR 72-600 memiliki kapasitas 72 orang dengan rute Nagan Raya-Medan Iw1252 dan Medan-Nagan Raya Iw1253 dengan jumlah penumpang dari Medan-Nagan Raya sebanyak 18 orang, dan dari Nagan Raya-Medan sebanyak 41 orang penumpang.

“Kita berharap masyarakat ikut meramaikan bandara ini, sekaligus mendukung keberlangsungannya secara ekonomi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jadwal penerbangan Bandara CND berlangsung satu kali dalam seminggu, yakni setiap hari Rabu.[]

  • Bagikan
#