Penerbangan Langsung Banda Aceh-Kuala Lumpur Dibuka Lagi

T. Faisal, ST, MT

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Permohonan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki kepada PT Indonesia Air Asia agar dibuka lagi penerbangan langsung internasional Banda Aceh (BTJ)-Kuala Lumpur (KUL) ditanggapi oleh pihak maskapai tersebut.

“Ya, pihak Indonesia Air Asia telah menjawab surat Pj Gubenur Aceh tertanggal 23 September 2022 perihal pembukaan kembali penerbangan internasional Banda Aceh-Kuala Lumpur,” kata Kadis Perhubungan Aceh, T. Faisal, ST, MT kepada Theacehpost.com, Jumat, 23 September 2022.

Dalam surat tersebut, Head of Indonesia Affairs and Policy PT Indonesia Air Asia, Eddy Krismeidi Soemawilaga mengatakan, menanggapi surat Pj Gubernur Aceh Nomor 553/132345, dengan ini diberitahukan bahwa AirAsia telah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan dan telah mendapatkan persetujuan untuk melayani kembali penerbangan Banda Aceh (BTJ)-Kuala Lumpur (KUL) sebanyak dua kali seminggu.

“Kami mengucapkan salam hormat serta apresiasi kepada Pemerintah Aceh atas perhatian yang telah diberikan kepada AirAsia selama ini,” tulis surat tersebut.

Penerbangan ini akan dilayani oleh maskapai penerbangan Malaysia AirAsia (AK) dengan jadwal penerbangan waktu setempat yaitu:

  • Senin, KUL-BTJ: 10.20-10.50 dan BTJ-KUL: 11.15-13.45
  • Kamis, KUL-BTJ: 08.05-08.35 dan BTJ-KUL: 09.00-11.35

Penerbangan direncanakan akan mulai beroperasi pada 3 Oktober 2022 dan bergantung pada situasi operasional.

Insya Allah kembali bangkit

Setelah menerima surat dari PT Indonesia Air Asia yang merespons permohonan Pj Gubernur Aceh agar dibuka kembali penerbangan langsung internasional Banda Aceh (BTJ)-Kuala Lumpur (KUL), langsung saja Kadis Perhubungan Aceh, T. Faisal, ST, MT mensosialisasikan informasi penting itu kepada masyarakat luas.

“Iktiar yang dilakukan Pak Pj Gubernur Aceh membuahkan hasil. Menteri Perhubungan telah menyetujui pembukaan kembali penerbangan internasional Banda Aceh-Kuala Lumpur dengan jadwal dua kali seminggu yang jika tidak ada halangan dimulai 3 Oktober 2022,” kata Faisal.

Pembukaan kembali jalur penerbangan langsung Banda Aceh-Kuala Lumpur, menurut Faisal sekaligus menjawab harapan masyarakat yang selama ini jika akan ke Kuala Lumpur harus melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

“Kita berharap dengan penerbangan langsung ini memberikan efek domino kepada masyarakat Aceh, pariwisata kembali bangkit, begitu juga perekonomian UMKM bisa mengeliat,” demikian Kadis Perhubungan Aceh.[]

 

google logo