Isi Khotbah Jumat, Irawan Ajak Jamaah Menyiapkan Bekal Akhirat

  • Bagikan
Irawan Abdullah menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Agung Babussalam, Kota Sabang, 18 Juni 2021.

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”. (Al-Baqarah ayat 155).

Kutipan surat Al-Baqarah ayat 155 itu disampaikan Ketua Komisi VI DPRA, Irawan Abdullah, saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Agung Babussalam, Kota Sabang, 18 Juni 2021.

Irawan menyampaikan, bahwa Covid-19 yang sedang menimpa seluruh dunia saat ini merupakan salah satu ujian dari Allah.

“Banyak sekali jalan ujian yang diberikan Allah SWT, namun kita juga dituntut untuk terus berusaha menghindari ujian tersebut, salah satunya protokol kesehatan, itu merupakan bagian dari ikhtiar,” ujarnya.

Tak sampai di situ, lanjut Irawan, bagaimana sikap orang sabar ketika diuji, juga dijelaskan pada ayat selanjutnya yang berbunyi;

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)”.

“Di ayat ini lah orang beriman, dia sudah diuji dan sabar. Ketika menghadapi ketentuan yang hanya milik Allah, ia akan berucap inna lillahi wa inna ilaihi rajiun,” tutur Irawan.

Irawan mengajak umat untuk terus mempersiapkan bekal menghadapi kehidupan setelah mati.

“Kita ketika dilanda wabah seperti ini, seluruh protokol mampu kita terapkan, kita berusaha apa pun caranya untuk menghindar dari Covid-19. Namun kita lupa bahwa hal yang pasti akan kita temui (mati), kita tidak mempersiapkan bekal menghadapi Allah nanti,” katanya.

“Oleh karena itu, mari kita tumpuk amal shalih, mencari ridha Allah sebanyak-banyaknya. Ketika nanti kita mati, minimal kita punya bekal untuk ditanya oleh Allah di alam barzah kelak,” sebutnya. []

  • Bagikan
# #