IAIN Langsa Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Infonya

oleh -

Theacehpost.com | LANGSA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2021.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Dr. H. M Suhaili Sufyan MA, mengatakan ada tiga jalur bagi calon mahasiswa baru untuk mendaftar.

Ketiga jalur pendaftaran yang dimaksud yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur mandiri.

“Pendaftaran UM-PTKIN dimulai dari tanggal 1 April – 30 April 2021, Finalisasi Pendaftaran 1 April – 6 Juni 2021, Pelaksanaan ujian pada rentang waktu 24 Mei – 2 Juni 2021 dan pengumuman hasil ujian tanggal 17 Juni 2021,” ujar Dr. Suhaili, Senin, 15 Februari 2021.

Ia menjelaskan, untuk jalur SPAN-PTKIN tidak pungut biaya pendaftaran alias gratis.

“Selain itu, calon mahasiswa juga tidak mengikuti ujian, panitia nasional akan merengking nilai rapor dan prestasi akademik lainnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk pendaftraan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dengan jalur SPAN-PTKIN tahapannya dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah atau madrasah mulai 19 Januari – 17 Februari 2021.

“Setelah pengisian dan verifikasi PDSS, 19 Februari – 15 Maret 2021 dibuka masa pendaftaran. Jadi yang mendaftarkan adalah siswa yang bersangkutan. Sementara pengumuman kelulusan terbit pada tanggal 5 April 2021,” terangnya.

Adapun proses pendaftaran dilakukan secara online (daring) melalui laman registrasi SPAN-PTKIN https://pdss.span-ptkin.ac.id.

Pada laman tersebut, siswa diminta untuk memasukkan data-data sekolah terlebih dahulu guna mendapatkan akses login (ID pendafataran dan kata sandi) ke laman pendaftaran https://siswa.span-ptkin.ac.id.

Kemudian, pada jalur UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh kampus dibawah Kementerian Agama (UIN/IAIN/STAIN) dalam satu sistem yang terpadu.

UM-PTKIN ini diselengarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

Sebagai catatan saat ini, IAIN Langsa terakreditasi B dan telah memiliki sejumlah prestasi. Saat ini sedang proses menuju Universitas Islam Negeri (UIN). (Saiful Alam).

Bagikan Post